Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2024, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemindahan ibu kota negara dari Kota Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama akan dilaksanakan pada semester kedua tahun 2024.

Pemerintah juga terus menggenjot pembangunan infrastruktur dasar untuk mendukung jalannya pemerintahan di IKN sekaligus memenuhi kebutuhan hidup Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan pindah ke IKN.

Namun demikian, sektor properti di IKN diperkirakan baru akan berkembang pada 5 tahun mendatang. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto saat ditemui di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

"Kalau berkembangnya minimalnya di atas 5 tahun, itu pun perkembangannya masih minimal," kata Joko.

Pasalnya, dibutuhkan permintaan perumahan dan aktivitas ekonomi hingga pendidikan yang tentunya dipengaruhi oleh populasi di IKN.

"Ketika orang ngambil rumah itu (pasti bertanya) pasarnya jaraknya berapa? Nanti sekolahnya jaraknya berapa?" lanjut Joko.

Baca juga: PBB Naik, Masyarakat Makin Sulit Beli Rumah

Sementara properti yang diperkirakan akan banyak berkembang terlebih dahulu di IKN adalah sektor pendukung, seperti rumah makan, tempat santai, hingga perhotelan yang saat ini tengah dibangun oleh para investor swasta.

Akan tetapi, IKN memberikan dampak positif terhadap kawasan penyangga di sekitarnya, seperti Balikpapan dan Samarinda.

"Yang jelas animonya tumbuh. Animonya tumbuh otomatis harga tanah di sana sudah ikut naik," imbuh Joko.

Diproyeksikan, kenaikan harga tanah di kawasan penyangga IKN terjadi minimal di atas 10 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com