Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2024, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memiliki Automated Rail Transit (ART).

Perlu diketahui, ART merupakan kereta otonom tanpa rel yang dikembangkan oleh perusahaan asal China yaitu China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).

Budi menyampaikan, Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Sementara untuk pembangunan rute ART akan dilakukan dalam dua fase.

"Ditargetkan pada bulan Agustus (2024) sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujarnya saat meninjau bakal lokasi pembangunan ART di IKN pada Rabu (24/01/2024), dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Basuki Targetkan Tiga Seksi Tol IKN Bisa Dilintasi Juli 2024

Satu set kereta otonom ini terdiri dari dua gerbong dengan total kapasitas mencapai 324 penumpang dan berkecepatan operasional 40 km/jam serta maksimal 70 km/jam.

Transportasi massal ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Sebelumnya, Menhub telah melakukan penjajakan dengan CRRC terkait rencana Pemerintah Indonesia menghadirkan satu set ART untuk dioperasikan di IKN.

Hal itu dilakukannya kala bertemu Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng yang juga dihadiri pihak dari CRRC di Kota Beijing, China, pada Jumat (12/01/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com