Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bikin "Grand Design" Soal Nasib Aset Negara di Jakarta Kala Pindah ke IKN

Kompas.com - 24/01/2024, 16:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang menyusun desain besar (grand design) tentang nasib aset negara di DKI Jakarta saat kelak pemerintahan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Candra Giri Artanto dalam acara Taklimat Media LMAN 2024 pada Selasa (23/01/2024).

Menurut dia, aset-aset negara di Jakarta nanti tetap akan dimanfaatkan sesuai dengan penggunaan terbaik dan tertinggi (highest and best use).

"Ini memang sekarang sedang disusun oleh rekan-rekan DJKN yang berkolaborasi dengan beberapa pihak, dengan Pemprov DKI, dengan kementerian-kementerian, lembaga yang lain, dan memang sekarang diinisiasi oleh DJKN, sekarang sedang dibikin grand design-nya," jelas Candra dikutip dari tayangan kanal Youtube LMAN.

Baca juga: Inilah Desain Masjid Negara IKN dengan Biaya Hampir Rp 1 Triliun

LMAN juga turut mendukung DJKN dengan melakukan kajian ke beberapa lokasi untuk pemetaan agar desain besar pemanfaatan aset-aset negara di Jakarta bisa tetap selaras.

"Karena sekali lagi Jakarta yang akan ditinggal itu tentunya tak akan jadi abandoned, dont worries, bahwa ini akan dimanfaatkan, akan menjadi tetap Kota Metropolitan," tukasnya.

Kendati demikian, Candra belum bisa menyebutkan jumlah aset negara di Jakarta, khususnya yang akan ditinggalkan saat pemerintahan pindah ke IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com