Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Serbaguna Perumahan Rp 1 Triliun Resmi Disalurkan SMF-Mandiri Taspen

Kompas.com - 21/12/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF resmi menggandeng PT Bank Mandiri Taspen dalam penyaluran Kredit Serbaguna Konsumtif untuk tujuan Pembiayaan Perumahan beragunan payroll dan Kredit Serbaguna Pensiunan sebesar Rp 1 triliun.

Penyaluran kredit ini juga dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mengakselerasi pemenuhan hunian layak dan terjangkau bagi masyarakat serta menekan backlog perumahan nasional.

Sinergi tersebut direalisasikan melalui penandatanganan perjanjian refinancing kredit serbaguna konsumtif untuk pembiayaan perumahan antara SMF dan Bank Mandiri Taspen pada Kamis (21/12/2023) di Graha SMF, Jakarta Selatan.

Baca juga: Atasi Backlog Perumahan, SMF Terbitkan Efek Beragun Aset Rp 600 Miliar

Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dan Direktur Utama Bank Mandiri Taspen, Elmamber Petamu Sinaga.

Melalui skema refinancing, SMF berperan menyediakan fasilitas pendanaan kepada Bank Mandiri Taspen untuk mendukung peningkatan penyaluran pembiayaan pemilikan rumah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kerja sama refinancing tersebut bertujuan untuk menggantikan sumber dana Bank Mandiri Taspen yang telah disalurkan untuk kredit serbaguna konsumtif untuk pembiayaan perumahan beragunan payroll dan kredit serbaguna pensiunan.

Melalui fasilitas kredit ini nantinya masyarakat penerima manfaat akan memiliki kemudahan akses pinjaman kredit multiguna yang dapat digunakan dengan berbagai manfaat dan tujuan.

Mulai dari pembelian rumah baik baru maupun seken, pembangunan rumah di lahan pribadi, renovasi rumah serta pembelian atau pengadaan tanah untuk pembangunan rumah.

Adapun mekanisme agunan bersumber dari pemotongan gaji atau tunjangan pensiun setiap bulannya dengan minimal jaminan payroll gaji atau tunjangan pensiun atau Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang telah memenuhi kriteria seleksi Bank Mandiri Taspen.

Baca juga: Janji Anies bila Terpilih, Bakal Mudahkan KPR untuk Pekerja Informal

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo menegaskan kerja sama ini merupakan komitmen SMF sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan dalam menjadi katalis pengembangan ekosistem pembiayaan perumahan di Indonesia baik dari sisi supply maupun demand secara berkelanjutan.

“Kami berharap masyarakat, khususnya para pensiunan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ananta.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber P. Sinaga mengatakan, kerjasama dengan SMF merupakan bentuk komitmen kedua institusi dalam memberikan solusi pembiayaan yang efektif.

“Ke depannya, masyarakat khususnya pensiunan ASN & TNI/Polri dapat memiliki kemudahan serta manfaat yang lebih menarik dalam memenuhi kebutuhan hunian yang layak,” jelas Elmamber.

Terkait optimalisasi peran dan fungsinya dalam mendorong bangkitnya industri perumahan, sejak tahun 2021 sampai dengan Triwulan III-2023 SMF telah menjalin sinergi dengan para pemangku kepentingan di industri perumahan melalui berbagai inisiatif bisnis.

Beberapa antaranya yaitu, Kredit Konstruksi mencapai Rp 368 miliar, Kredit Mikro Perumahan sebesar Rp 670 miliar, Kredit Multi Guna Perumahan sebesar Rp 5,5 triliun, serta Kredit Rumah Usaha sebesar Rp 10 miliar.

Selain itu, sejak awal tahun 2023 hingga triwulan III-2023, SMF telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 8,9 triliun atau meningkat 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara kumulatif Perseroan telah mengalirkan dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan sebesar Rp 99,6 triliun yang terdiri dari penyaluran pembiayaan dan pembelian KPR sebesar Rp 85,4 triliun, serta sekuritisasi KPR sebesar Rp 14,2 triliun.

Dana tersebut telah dialirkan dan berhasil membiayai 1,9 juta debitur dari Sabang sampai Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com