Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Takut Tak Punya Rumah, Milenial dan Gen Z Bisa Coba KPR Ini

Kompas.com - 27/10/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial maupun Z kini tidak perlu khawatir karena tidak dapat memiliki rumah.

Pasalnya, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) saat ini memiliki program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Rumah Tapera.

Sehingga, milenial maupun generasi Z dapat memanfaatkan program tersebut.

“Melalui pembiayaan KPR Rumah Tapera, kaum milenial dan generasi Z dapat memiliki rumah pertamanya," ucap Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam rilis, Kamis (26/10/2023).

Syaratnya, batas maksimal penghasilan sebesar Rp 8 juta dan cicilannya mulai Rp 989.000-an, serta konsep pembiayaannya dapat dilakukan sesuai prinsip syariah.

Baca juga: BP Tapera Ingin TRT Masuk Program Pemprov Sumut

Menurut Adi, kaum milenial dan generasi Z dapat membeli rumah Tapera yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Seluruh segmentasi pekerjaan mulai dari ASN, pekerja swasta dan pekerja mandiri bisa memanfaatkan rumah Tapera. Khusus untuk pekerja mandiri, milenial dan generasi z bisa memiliki rumah melalui tabungan rumah Tapera,” ujar Adi.

Berdasarkan Indonesia Milenial Report, alasan para milenial tidak membeli rumah sebagian besar karena belum mampu secara finansial atau 53 persen.

Kemudian, belum menemukan yang tepat (29 persen), masih ada cicilan lain (10 persen), belum perlu (5 persen) dan belum terpikir (3 persen).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Hirwandi Gafar menyampaikan, dari riset yang dilakukan kriteria hunian bagi milenial adalah lokasi perumahan yang berada di pinggir kota atau di perbatasan kota.

Selain itu, tersedianya fasilitas pendidikan, kesehatan dan hiburan, maupun transportasi umum.

“Nasabah yang termasuk dalam kategori milenial dan Gen Z mendominasi realisasi KPR hingga 71 persen. Sehingga, mereka jangan ragu untuk memiliki rumah karena hidup tidak cuma tentang hari ini,” tuntas Hirwandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com