Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

78 Persen Tanahnya Sudah Terdaftar, Medan Segera Jadi Kota Lengkap

Kompas.com - 19/12/2023, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto optimis Medan bisa menjadi Kota Lengkap di tahun 2024.

Menurutnya, target pendaftaran tanah di Kota Medan sendiri mencapai 600.000 bidang. Sementara, untuk tanah yang telah bersertifikat mencapai sekitar 435.000 bidang.

"Sudah tercatat 78 persen, kurang 22 persen lagi. Targetnya sebelum 2024 berakhir, Kota Medan sudah menjadi Kota Lengkap. Artinya apa? Artinya Kota Medan seluruh tanahnya sudah terpetakan dan sudah terdaftar," terang Hadi Tjahjanto saat melakukan kunjungan kerja di Medan, Senin (18/12/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Hadi menyambangi Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Baca juga: Resmi! Sibolga Jadi Kota Lengkap Pertama di Sumatera Utara

Di sana, ia menyerahkan 40 sertifikat tanah secara door to door yang terdiri dari sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan sertifikat tanah wakaf.

Sertifikat diserahkan seraya melakukan dialog dengan masyarakat setempat. Beberapa hal yang Menteri Hadi pastikan di antaranya soal terdapat pungutan liar atau tidak dalam proses sertifikasi.

 

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan sertifikatnya secara tepat guna.

Adapun tujuan dari penyertifikatan tanah antara lain untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah bagi masyarakat, meminimalisir sengketa dan konflik pertanahan, serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Hadi Tjahjanto menuturkan, dampak pertumbuhan ekonomi dari pensertifikatan tanah di Kota Medan mencapai sekitar Rp 12,8 triliun.

Baca juga: 99 Persen Tanahnya Sudah Terdaftar, Semarang Siap Jadi Kota Lengkap

"Dari program PTSL ini dan masyarakat menggunakan sertifikat itu untuk agunan (menambah modal untuk pengembangan usaha, red), dan ini sangat positif," ujarnya.

PTSL sendiri merupakan Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian ATR/BPN yang telah dijalankan sejak tahun 2017 untuk mempercepat proses pendaftaran tanah. Hingga saat ini, sebanyak 110 juta bidang tanah telah terdaftar melalui program PTSL.

"Tahun 2024 kita targetkan selesai 120 juta bidang tanah sudah terdaftar, dari target yang harus diselesaikan 126 juta bidang tanah secara nasional," pungkas Menteri Hadi.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin beserta jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Utara; dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution beserta jajaran Forkopimda Kota Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com