Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT-TJ Janji akan Minimalisasi Dampak Pembangunan LRT

Kompas.com - 12/12/2023, 18:54 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya proyek LRT Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai membuat jumlah pelanggan Transjakarta terkoreksi. Pihak LRT dan Transjakarta berjanji akan meminimalisasi dampak pembangunan. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Departemen Perencanaan Rute dan Operasional PT Transportasi Jakarta Udaya Laksmana Kartiyasa dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Gedung MCC LRT Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (12/12/2023).

Koridor yang mengalami penurunan penumpang tersebut adalah Koridor 4 Pulogadung 2-Dukuh Atas 2.

Ini terjadi karena jalur khusus busway/Transjakarta di beberapa titik saat ini harus dipakai untuk konstruksi LRT Jakarta Fase 1B tersebut.

"Tadi saya sampaikan 25.000 (penumpang per hari) saat ini, sebenarnya sebelum Oktober (2023) itu rata-rata di 27.000 penumpang, jadi memang hilang 2.000-an (penumpang)," jelas Uday.

Oleh karena itu, Uday berharap jalur Transjakarta bisa tetap dijaga steril demi menjaga jumlah pelanggan angkutan umum.

"Kita jaga sama-sama karena pelanggan angkutan umum ini yang akan jadi pelanggan kita bersama," imbuh Uday.

Adapun selama konstruksi hingga pasca-konstruksi nantinya, Transjakarta tetap beroperasi seperti biasa.

Baca juga: Semua Stasiun LRT Jakarta Fase 1B Terhubung dengan Transjakarta

Namun demikian,  Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta Daud Joseph mengatakan, kenaikan jumlah penumpang Transjakarta secara keseluruhan dipengaruhi oleh adanya integrasi transportasi, khususnya LRT Jabodebek yang pada tahun ini juga dioperasikan.

"Bulan April 2023 jumlah pelanggan Transjakarta itu baru 700.00 orang setiap hari, hari ini pelanggannya sudah mencapai 1,174 juta orang setiap hari, naik lebih dari 50 persen," tutur Daud Joseph.

Dirinya mengaku sangat bersemangat menyambut LRT Jakarta 1B karena diyakini bisa memberikan dampak positif terhadap Transjakarta.

"Saya beriman dan yakin bahwa dengan adanya LRT Jakarta Fase 1B ini pasti Transjakarta bagus, LRT bagus, dan integrasi di Jakarta lebih bagus lagi dibanding dengan sekarang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com