Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Stasiun LRT Jakarta Fase 1B Terhubung dengan Transjakarta

Kompas.com - 12/12/2023, 13:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua Stasiun LRT Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai akan terintegrasi dengan Halte Transjakarta.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Hendri Saputra menjamin hal ini dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Gedung MCC LRT Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (12/12/2023).

LRT Jakarta Fase 1B akan memiliki 5 stasiun, yaitu Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

"Dari Fase 1B ini ada beberapa titik integrasi, hampir semua titik stasiunnya terintegrasi dengan Transjakarta," tutur Hendri.

Pertama, Stasiun Rawamangun yang terintegrasi dengan Halte Transjakarta Sunan Giri. Integrasi berupa elevated linkway yang dihubungkan dengan tangga dan lift serta telah mempertimbangkan potensi pengembangan halte akibat penambahan demand.

Berikutnya adalah Stasiun Pramuka BPKP yang terintegrasi dengan Halte Pramuka BPKP berupa elevated linkway dengan ramp.

Baca juga: Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek, Pemerintah Guyur Rp 119,7 Miliar

"Ini juga challenge bagaimana track-nya akan melintasi tollroad," imbuh Hendri.

Selanjutnya adalah Stasiun Pasar Pramuka yang terintegrasi dengan Halte Pasar Genjing, berupa elevated linkway yang dihubungkan dengan eskalator. Integrasi ini juga telah mempertimbangkan potensi pengembangan halte.

"Ini (Stasiun Pasar Pramuka) yang tadi dipesankan oleh Pak Arif bahwa desainnya mungkin harus memikirkan elevated loop line, jadi ini ketinggiannya bisa jadi lebih tinggi dari yang didesain sekarang," jelas Hendri.

Keempat adalah Stasiun Matraman yang terintegrasi dengan Halte Matraman 1 dan 2, berupa elevated linkway dengan beberapa break point area sebagai area pemberhentian sejenak.

Lalu, yang terakhir adalah Stasiun Manggarai yang terintegrasi dengan Halte Manggarai, Stasiun KRL Manggarai, dan Stasiun KA Bandara Manggarai.

"Nanti akan ada skybridge yang menyambungkan ke arah stasiun sentral, ini cukup panjang sekitar 300 meter, jadi sepanjang koridornya itu akan ada ritel area yang membuat orang nyaman dalam berpindah mudah," tandas Hendri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com