Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2026, Velodrome-Manggarai Bakal Terhubung LRT Jakarta

Kompas.com - 30/10/2023, 13:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi memulai pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai dengan jalur sepanjang 6,4 km pada Senin (30/10/2023).

Hal itu ditandai dengan groundbreaking yang dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Stasiun Velodrome, Jakarta.

LRT Jakarta Fase 1B akan memiliki 5 stasiun, yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Targetnya, pembangunan jalur LRT dari Velodrome sampai Pramuka selesai pada September 2024. Sedangkan, sampai ke Manggarai ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

"Inisiatif dan anggaran pembangunan LRT ini berasal dari Pemprov DKI. Ini menjadi contoh yang baik bagi Pemda lainnya dalam mengembangkan transportasi massal perkotaan di daerahnya masing-masing," ujar Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Pemerintah Harus Bentuk Tim Investigasi Atasi Masalah LRT Jabodebek

Menhub berharap semakin panjangnya LRT Jakarta dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal ketimbang kendaraan pribadi.

"Dengan begitu, dapat mengurangi kemacetan, mengurangi kerugian secara finansial, dan lingkungan menjadi lebih baik," tuturnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menambahkan, faktor kunci untuk mendorong masyarakat mau menggunakan transportasi publik adalah kemudahan dan kenyamanan.

"Untuk itu saya meminta agar pembangunan LRT fase 1B bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan," pungkasnya.

Sebagai informasi, LRT Jakarta Fase 1B merupakan lanjutan dari Fase 1A sepanjang 5,8 km yang sudah beroperasi terlebih dahulu.

Di mana LRT Fase 1A memiliki 6 stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome.

Sehingga nantinya total panjang jalur LRT dari Stasiun Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) sampai ke Stasiun Manggarai yaitu sepanjang 12,2 km, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 26 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com