Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Natal dan Tahun Baru 2024, Lantamal IV Batam Siapkan KAL

Kompas.com - 12/12/2023, 13:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pangkalan Utama Angkatan Laut IV Batam, Kepulauan Riau, memerintahkan seluruh jajarannya untuk ikut serta membantu KSOP dan Perhubungan dalam mengamankan pelabuhan yang menjadi konsentrasi masyarakat jelang perayaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Danlantamal IV Batam Laksamana TNI Tjatur Soniarto mengatakan, telah menurunkan beberapa sarana Patroli laut untuk membantu mengamankan penyeberangan, bai kantar pulau, hingga antar Kabupaten di beberapa pelabuhan.

Hal ini bertujuan untuk memberi rasa aman bagi masyarakat yang ada di Batam dan sekitarnya dalam beraktivitas.

“Saat ini cuaca memasuki musim utara tentunya gelombang laut dan angin cukup besar, dihimbau kepada pengguna laut dan masyarakat agar memperhatikan keselamatan, melengkapi peralatan keselamatan seperti life jacket dan memperhatikan informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG,” kata Tjatur melalui keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023).

Baca juga: Angkutan Logistik Air Minum Diharapkan Tetap Beroperasi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selain itu, dia mengimbau pengelola transportasi laut agar memperhatikan kapasitas kapal dan tidak menagngkut penumpang yang berlebihan.

“Intinya menyesuaikan dengan jumlah kursi yang ada, agar terhindar dari kelebihan muatan yang dapat mengakibatkan kecelakaan karena kelebihan muatan,” cetusnya.

Lantamal IV Batam juga menyiapkan beberapa KAL dan alutsista serta personel satgasla dan tenaga medis untul melancarkan moment libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Tidak itu saja, Tjatur juga menekankan, pentingnya mewaspadai penyebaran virus Covid-19 yang sudah menyerang negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

“Tenaga medis perlu ditingkatkan di beberapa titik vital, seperti pelabuhan dan Bandara, agar penyebaran virus tidak cepat meluas dan tertanggulangi dengan cepat,” papar Tjatur.

Lantamal IV pun menurunkan pasukan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV, POMAL, Satkamla untuk bergabung dengan beberapa instansi lainya dalam membantu mengamankan pelabuhan yang ada di Batam khususnya dan Kepri umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com