Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantap, Kondisi Jalan di Luar Jawa Sambut Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 08/12/2023, 13:17 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memastikan kelancaran arus lalu lintas pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pemerintah melakukan sejumlah persiapan.

Dari sisi infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jaringan jalan nasional di Indonesia sepanjang 47.603 kilometer dengan kemantapan rata-rata mencapai 92,2 persen.

Selain jalan nasional, juga disiapkan jalan tol yang saat ini sudah operasional sepanjang 2.816 kilometer.

"Pembangunan jalan tol hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 357 kilometer. Sampai November 2023 sepanjang 236 kilometer sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 kilometer juga akan dapat dioperasikan fungsional pada saat Natal-Tahun Baru," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Di Pulau Bali, telah siap Jalan Tol Bali-Mandara sepanjang 10,1 kilometer dan ruas jalan nasional sepanjang 364,6 kilometer.

Bergeser ke Pulau Sumatera, panjang ruas jalan nasional yang siap digunakan adalah 7.467 kilometer.

Baca juga: Konstruksi Tuntas, Tol Makassar New Port Tahap 1-2 Sudah Uji Laik Fungsi

Penambahan ruas tol operasional juga telah dilakukan di Pulau Sumatera sepanjang 146 kilometer, yaitu Tol Sigli-Banda Aceh ruas Blang Bintang-Kutobaru-Baitussalam, Tol Binjai-Langsa ruas Stabat-Kuala Bingai, Tol Simpang Indralaya-Muara Enim ruas Indralaya-Prabumulih.

Kemudian Tol Indrapura-Kisaran ruas Indrapura-Lima Puluh, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat ruas Tebing Tinggi-JC. Indrapura dan Segmen JC. Indrapura-SS Indrapura, dan Tol Binjai-Langsa ruas Kuala Bingai-Tanjung Pura.

Adapun Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Tol Bangkinang-Tanjung Alai, dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura juga akan difungsionalkan selama libur Natal-Tahun Baru.

Lalu di Pulau Kalimantan, terdapat Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang operasional sepanjang 97 kilometer serta ruas jalan nasional sepanjang 5.563 kilometer.

Sementara jalan tol operasional di Pulau Sulawesi sepanjang 62 kilometer terdiri dari Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1-3, Tol Makassar Seksi 4, dan Tol Manado-Bitung.

Dilakukan juga penambahan ruas tol operasi dan fungsional, yakni akses Makassar New Port tahap 1 dan 2.

Di sisi lain, ruas jalan nasional yang siap digunakan di Pulau Sulawesi sepanjang 18.782,8 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com