Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.581 Kilometer Jalan Nasional di Jawa Siap Dilintasi Saat Libur Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 08/12/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sepanjang 4.581 kilometer jalan nasional di Pulau Jawa siap dilintasi saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 4.581 kilometer," katanya dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Sementara saat ini panjang jaringan jalan nasional di Indonesia mencapai 47.603 kilometer dengan kemantapan rata-rata 92,2 persen.

Di sisi lain, jalan tol di Pulau Jawa yang operasional adalah sepanjang 1.782 kilometer yang dilengkapi dengan 92 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Penambahan ruas tol operasi di Pulau Jawa sepanjang 90,6 kilometer, yaitu Tol Cinere-Jagorawi ruas Kukusan-Jc.Krukut dan Ramp JC Krukut, Tol Cinere-Jagorawi ruas JC Krukut- Cinere, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu ruas Jakasampurna-Marga Jaya, Tol Cimanggis-Cibitung ruas Jatikarya-Cikeas.

Kemudian, Tol Serpong-Cinere ruas Pamulang-Cinere, Tol Cibitung-Cilincing ruas IC.Tarumajaya-JC.Cilincing, Tol Pasuruan-Probolinggo ruas Probolinggo Timur-Gending, Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan ruas Cimalaka-Dawuan, dan Tol Semarang-Demak ruas Sayung-Demak.

Baca juga: Libur Natal-Tahun Baru, Mayoritas Kendaraan Menuju Tol Trans-Jawa

"Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Karanganom juga akan difungsionalkan selama Natal-Tahun Baru," papar Basuki.

Sedangkan panjang jalan tol yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia mencapai 2.816 kilometer.

"Pembangunan jalan tol hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 357 kilometer. Sampai November 2023 sepanjang 236 kilometer sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 kilometer juga akan dapat dioperasikan fungsional pada saat Natal-Tahun Baru," tandas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com