Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Asia Tenggara, RedDoorz Jalankan Program "Reseller"

Kompas.com - 01/12/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut survei Populix, selain melalui marketplace, 86 persen masyarakat Indonesia berbelanja lewat media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Sementara McKinsey menyebut, 85 persen pelaku e-commerce di Indonesia ternyata diisi oleh para reseller atau mereka yang menjual produk milik jenama atau pedagang lain.

Mengikuti perkembangan model bisnis tersebut, RedDoorz, menjadi platform perhotelan pertama di Asia Tenggara yang menjalankan kemitraan model reseller secara resmi melalui program RedSeller sejak tahun 2020.

Program yang bertujuan untuk memberi alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat lokal yang kehilangan pekerjaan maupun mata pencahariannya setelah pandemi ini diminati oleh banyak lapisan masyarakat.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Permintaan Ruang Hotel di Jakarta Cuma Naik 6 Persen

Mulai dari karyawan, mahasiswa, pekerja lepas, hingga ibu rumah tangga. Dalam waktu tiga tahun, RedSeller telah bermitra dengan lebih dari 13.000 anggota resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Model bisnis RedSeller ini telah mendukung penjualan RedDoorz hingga 50.000 kamar per bulan.

Institutional Lead RedDoorz Fadhli Syahied mengatakan, tingginya penjualan tersebut tak lepas dari dukungan yang diberikan perusahaan.

“Kami menyediakan aplikasi khusus RedSeller yang dapat diunduh di PlayStore dan AppStore. Hal ini pun menjadikan RedDoorz sebagai satu-satunya platform perhotelan di Indonesia yang menyediakan aplikasi untuk reseller-nya," ungkap Fadhli.

Melalui berbagai strategi dan dukungan tersebut, setiap anggota RedSeller memiliki kesempatan untuk mendapatkan komisi hingga puluhan juta.

Salah satu anggota RedSeller yang sudah mencicipi cuan dari program kemitraan ini adalah Nishyah (26 tahun) asal Jakarta.

Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai freelancer mulai bergabung menjadi RedSeller sejak Februari 2021 dan hanya dalam waktu dua tahun sudah meraih predikat The RockStar RedSeller dengan pendapatan komisi hingga Rp 16 jutaan.

“Strategi yang saya jalankan cukup simple, yaitu dengan menawarkan kamar hotel RedDoorz kepada orang-orang terdekat yang ingin staycation atau liburan, kemudian infonya menyebar dari mulut ke mulut,” kata Nishyah.

Hingga saat ini, RedDoorz telah bermitra dengan 3.200 mitra properti di 257 kota seluruh Indonesia. Ke depannya, RedDoorz akan terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai program untuk mendukung pertumbuhan mitra properti dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com