Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bulan Sebelum Pemilu, Permintaan Hotel Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 28/11/2023, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan perhelatan demokrasi akbar yakni Pemilihan Umum (Pemilu).

Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024. Sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baru akan berlangsung pada 27 November 2024.

Perusahaan investasi real estate, Colliers memprediksi akan ada peningkatan permintaan hotel dua bulan sebelum event demokrasi tersebut berlangsung.

Berdasarkan pola yang diamati di masa lalu, siklus tahun politik diperkirakan akan mendorong peningkatan tingkat hunian hotel.

Baca juga: Indonesia di Belakang Vietnam, Bangun Hotel Terbanyak Se-Asia Pasifik

“Berdasarkan temuan kami bersama tim Layanan Perhotelan, permintaan terhadap ruang hotel jelang acara demokrasi mungkin mengalami peningkatan, terutama sekitar dua bulan sebelum pemilu, hingga dua minggu sebelum D-Day tiba,” ungkap Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto.

Dikatakan hotel bisnis di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sangat bergantung pada pemerintah belanja, khususnya untuk kegiatan yang melibatkan Pertemuan, Insentif, Konferensi, dan Pameran (MICE) yang mendorong penggunaan kamar hotel.

 

Khususnya, menjelang pemilu, partai politik cenderung semakin intensif kegiatan seperti upaya konsolidasi atau peristiwa lain yang berkaitan dengan pemilihan presiden dan anggota legislatif.

Ini melibatkan fokus pada mempromosikan kandidat mereka dan memerlukan pertemuan ruang atau konvensi, sering kali tersedia di hotel.

Baca juga: Pontjo Sutowo: Hotel Sultan Patut Dihargai, Jangan Jadi Sengketa

Ferry menerangkan, aktivitas partai politik yang terkait dengan pemilu diperkirakan tidak memberikan kontribusi yang signifikan pendapatan hotel, karena kegiatan politik ini biasanya tidak melibatkan anggaran yang besar. Namun, mereka dapat meningkatkan eksposur hotel.

“Saat ini, pencapaian target tingkat hunian menjadi prioritas bagi hotel manajemen, dan masa pemilihan menjadi peluang untuk memperkenalkan hotel kepada lebih luas hadirin,” pungkas Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com