Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu 2024, Permintaan Ruang Hotel di Jakarta Cuma Naik 6 Persen

Kompas.com - 28/11/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 mendatang, permintaan untuk pemakaian ruang di hotel akan meningkat dari kondisi normal.

Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto mengatakan mengacu pada pemilu tahun-tahun sebelumnya, peningkatan permintaan hotel di Jakarta biasanya naik 7 hingga 8 persen dibandingkan saat normal.

“Namun, untuk periode pemilu kali ini, Colliers memproyeksikan permintaan akan masuk Jakarta akan meningkat, meski dengan laju yang lebih rendah, menjadi sekitar 5 hingga 6 persen saja,” ungkap Ferry dalam Market Insights Impact of the 2024 Election on the Property Sector yang dirilis oleh Colliers.

Baca juga: 2 Bulan Sebelum Pemilu, Permintaan Hotel Diprediksi Meningkat

Sementara itu, di kota-kota bisnis lainnya, peningkatan permintaan hotel tercatat hanya terjadi pada kisaran yang lebih rendah yakni antara 2 hingga 3 persen saja.

Menjelang pemilu, partai politik cenderung semakin intensif kegiatan seperti upaya konsolidasi atau peristiwa lain yang berkaitan dengan pemilihan presiden dan anggota legislatif.

 

Ini melibatkan fokus pada mempromosikan kandidat mereka dan memerlukan pertemuan ruang atau konvensi, sering kali tersedia di hotel.

Dikatakan, aktivitas partai politik yang terkait dengan pemilu diperkirakan tidak memberikan kontribusi yang signifikan pendapatan hotel.

Hal ini, karena kegiatan politik yang diadakan biasanya tidak melibatkan anggaran yang besar. Namun, kegiatan ini kabar baiknya dapat meningkatkan eksposur hotel.

Baca juga: Investasi Hotel di Asia Pasifik Diprediksi Turun 14 Persen, Ini Alasannya

“Saat ini, pencapaian target tingkat hunian menjadi prioritas bagi hotel manajemen, dan masa pemilihan menjadi peluang untuk memperkenalkan hotel kepada lebih luas kepada masyarakat” tegas Ferry.

Sebagai informasi, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baru akan berlangsung pada 27 November 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com