Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sertifikat Tanah Jadi Modal Budi Daya Alpukat

Kompas.com - 28/11/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Selain menjadi bukti sah kepemilikan tanah, sertifikat tanah juga bisa dimanfaatkan untuk modal usaha.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh warga Desa Danalampah, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Dudi Badrum Muhammad berusia 35 tahun.

Dudi merupakan salah satu penerima sertifikat tanah pada kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang digelar di Grage Sangkan Hotel, Kuningan, Sabtu (25/11/2023).

Dudi akan memanfaatkan sertifikatnya untuk mengembangkan sejumlah usahanya, termasuk berbagai macam budi daya buah-buahan.

"Sehari-hari saya berkebun, ini lagi rencana mau kembangkan budi daya alpukat," ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi.

Dia yakin sertifikat tanah dapat meningkatkan taraf ekonominya karena bernilai jual tinggi.

Baca juga: Menteri Hadi Targetkan Seluruh Tanah Wakaf dan Rumah Ibadah Punya Sertifikat di 2024

"Jadi tanah saya sekarang bernilai, tapi tidak mau saya jual. Akan saya manfaatkan semaksimal mungkin untuk usaha saya ini karena saya melihat peluang bagus kalau saya melakukan budi daya alpukat," tutur Dudi.

Nantinya, modal yang didapat dari mengagunkan sertifikat akan digunakan Dudi untuk modal pemupukan hingga perawatan tanaman alpukat.

"Karena yang paling penting dari budi daya alpukat yang saya pelajari itu adalah pemupukan dan perawatannya. Kalau dilakukan sesuai kebutuhan akan cepat berbuah dan memiliki masa produktif yang lama," lanjutnya.

Dudi berharap program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang memudahkan masyarakat dalam mengurus sertifikat bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, khususnya Kabupaten Kuningan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com