Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayang Kulit Jadi Media Sosialisasi Program PTSL ke Masyarakat

Kompas.com - 20/11/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat. Salah satunya melalui seni budaya.

Hal ini dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam mensosialisasikan berbagai program strategis dalam bentuk pagelaran wayang kulit.

Pagelaran berlangsung di Desa Dermasari, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Sabtu (18//11/2023).

Baca juga: Percepat PTSL, Kades Jadi Modal Penting

Meski disambut hujan, antusias masyarakat tak surut untuk mengikuti sosialisasi yang dikemas secara menarik tersebut.

Kementerian ATR/BPN menggelar sosialisasi ini bersama Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Heru Sudjatmoko.

Menurut Heru, sosialisasi melalui seni kebudayaan dapat membuat masyarakat senang dalam mendapatkan informasi terutama dalam hal ini terkait pertanahan.

 

"Wayang merupakan media yang tepat sekaligus dapat mengedukasi masyarakat lewat jalur budaya," ujar Heru dalam sambutannya pada acara sosialisasi.

Ia mengimbau, masyarakat harus mendaftarkan tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) agar tanah milik masyarakat tidak diganggu oleh mafia tanah dan tidak ada sengketa ataupun konflik.

Dikatakan, PTSL merupakan program terobosan dari pemerintah untuk mempermudah masyarakat agar mempunyai legalitas hak atas tanah.

Baca juga: Raja Juli Bagi-bagi 7 Sertifikat Tanah di Medan

"Kita mensosialisasikan program pertanahan (PTSL, red) khususnya di Kabupaten Banjarnegara, dan dalam pengurusannya ini hanya mengeluarkan biaya sedikit," tuturnya.

Di tengah antusias masyarakat yang datang dalam acara ini, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara, Nurdin Karepesina mengajak masyarakat untuk ikut program PTSL.

"Pada kesempatan ini saya mengajak dan menghimbau ikut dalam sertifikasi ini. Program Sertifikasi ini berhasil tergantung dukungan dari bapak ibu semua,” tandas Nurdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com