Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Sebut Kereta Cepat Whoosh Sudah Dikenal hingga Luar Negeri

Kompas.com - 19/11/2023, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Kereta Cepat dengan jenama Whoosh ini sudah dikenal masyarakat dari luar negeri, contohnya Malaysia.

Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta, pada Minggu (19/11/2023).

"Ketika kemarin saya ke Malaysia, mereka tidak bilang kereta cepat, tapi bilangnya Whoosh-nya bagaimana? Jadi brand Whoosh itu sudah diketahui banyak orang hingga ke luar negeri," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub.

Bahkan menurut dia, sudah ada warga negara dari Malaysia yang turut antusias menjajal Kereta Cepat Whoosh.

"Mereka mendarat di Kertajati. Lalu menginap semalam di Bandung, naik Whoosh ke Jakarta kemudian kembali ke Malaysia. Ini sangat luar biasa," katanya.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Dijamin Aman Melintas saat Musim Hujan

Menhub juga mengungkapkan, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan Whoosh sebagai tujuan wisata. Contohnya masyarakat Bandung banyak yang ingin merasakan naik Whoosh.

"Begitu tiba di Jakarta, mereka langsung menjajal LRT yang terkoneksi dengan Whoosh. Lalu mereka wisata kuliner dan kemudian balik kembali ke Bandung pada hari yang sama," tukas Budi.

Sejak dioperasikan, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 400.000 penumpang, dengan tingkat okupansi melebihi 95 persen. Bahkan pergerakan penumpang tertinggi pernah menembus 21.000 penumpang dalam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com