Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Pemerataan Ekonomi, Ganjar-Mahfud Akan Bangun 10 Juta Hunian

Kompas.com - 23/10/2023, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilu tahun 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mencanangkan program pembangunan 10 juta hunian.

Dikutip dari salinan dokumen Visi dan Misi Ganjar-Mahfud 2024-2029, program itu merupakan bagian dari Misi 4 Mempercepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi, sesuai Visi "Menuju Indonesia Unggul, Gerak Cepat Mewujudkan Visi Negara Maritim yang Adil dan Lestari".

Di dalam misi tersebut, salah satu agendanya tentang Bahagia dan Sejahtera. Diwujudkan melalui beberapa program aksi, salah satunya yaitu Rumah Kita-10 Juta Hunian.

Program aksi Rumah Kita-10 Juta Hunian itu berupa pembangunan hunian baru atau renovasi, seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa, disertai ketersediaan lahan yang strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

Terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, dan anak muda, dengan skema pembiayaan yang mudah dan murah.

Baca juga: Tahun 2029, Anies-Cak Imin Bidik Backlog Rumah Jadi 8 Juta Unit

Lalu, program aksi lainnya yang terkait ialah Kampung Sehat. Memperbaiki kampung kumuh di desa dan kota, dengan hunian layak, sanitasi sehat, air minum dan air bersih, fasilitas umum dan sosial memadai, dan ruang terbuka hijau yang mencukupi.

Masih di dalam misi yang sama, Ganjar-Mahfud juga akan menjalankan pembangunan adil dan merata. Salah satunya dengan mengusung program aksi yaitu tempat tinggal-tempat kerja-trotoar-transportasi publik (4T Terintegrasi)

Program 4T Terintegrasi ini akan menghubungkan tempat tinggal dan tempat kerja dengan sarana transportasi yang masif, nyaman, murah, dan tepat waktu disertai penyediaan trotoar yang ramah pejalan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com