Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalisasi Aset Negara, LMAN Selenggarakan The Asset Manager 2023

Kompas.com - 18/10/2023, 16:09 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyelenggarakan kompetisi pengelolaan aset negara bergengsi di Indonesia bertajuk The Asset Manager.

The Asset Manager merupakan kegiatan tahunan LMAN yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan kompetensi pengguna aset.

Aset yang dimaksud meliputi Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian/Lembaga, Badan Layanan Umum (BLU), Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tujuannya adalah untuk mewujudkan optimalisasi aset negara, melalui perencanaan dan implementasi konsep pemanfaatan aset terbaik.

Final dan malam puncak penghargaan The Asset Manager dilaksanakan di Gedung AA Maramis Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Indonesia harus terus bisa menggali sumber-sumber daya untuk bisa meningkatkan pembangunan.

Baca juga: Daftar Aset Properti Syahrul Yasin Limpo, Eks Mentan Jadi Tersangka Korupsi

"Salah satunya adalah dengan terus meingkatkan kemampuan dalam men-generate aset melalui creative financing," ucapnya.

Pengelolaan aset negara memunculkan tantangan nyata, sehingga memerlukan kemampuan dan kompetensi optimalisasi penggunaan aset yang terus ditingkatkan.

Harapannya, inovasi pengelolaan memperkuat fungsi aset negara sebagai alat fiskal dan menghasilkan berbagai manfaat baik dari sisi sosial ekonomi maupun finansial berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk kesejahteraan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com