Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Akses Tol Makassar New Port Akan Segera Dibuka

Kompas.com - 10/10/2023, 19:31 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) menyebutkan bahwa proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 km akan dibuka pada tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Direktur Perusahaan, Ridwan Irawan dalam acara Paparan Publik Insidentil secara daring, pada Selasa (10/10/2023).

"Proyek Tol MNP diselesaikan pada tahun 2023. Diharapkan ini dapat dibuka dalam waktu dekat," ujarnya.

Dikutip dari unggahan akun Instagram Info Tol Makassar yang dikelola PT Makassar Metro Network, berdasarkan progres per 13 September 2023, proyek Tol MNP telah mencapai 88,40 persen.

Kala itu telah memasuki tahap penyelesaian aspal, penyelesaian dinding (jembatan) eksisting, dan penyelesaian rigid di Ramp Gerbang Tallo Barat.

Baca juga: Apa Kabar Proyek Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami?

Untuk diketahui, proyek Tol MNP akan terkoneksi dari Tol Reformasi Makassar (Tol JTSE) menuju ke Pelabuhan Makassar New Port, serta dari Kawasan Industri Makassar (Kima) menuju Pelabuhan Makassar New Port.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar jalur ekspor dan impor melalui pelabuhan yang menghubungkan Makassar dengan kota-kota lain di Sulawesi Selatan dan provinsi sekitarnya.

Tak hanya itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP.

Sehingga, keberadaan Tol MNP akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port.

Jalan Akses Tol MNP merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sedangkan Pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com