Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Transportasi "Hub Space" Dibuka hingga 1 Oktober 2023

Kompas.com - 30/09/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan Pameran Transportasi dan Travel Fair Bertajuk "Hub Space" di JCC Senayan, Jakarta pada 29 September 2023-1 Oktober 2023.

Pameran transportasi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2023.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan berbagai transportasi massal yang ada di Indonesia kepada masyarakat, sebagai budaya baru bertransportasi.

Kegiatan pembukaan Hub Space pada 29 September 2023 dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menhub mengatakan, melalui kegiatan ini pemerintah ingin menyampaikan kiprah kolaborasi para pemangku kepentingan dalam membangun transportasi selama hampir satu dekade.

"Dengan kolaborasi yang bagus antar-pemangku kepentingan di sektor transportasi, kita ingin membangun budaya baru melalui transportasi massal," ujar Budi Karya, dikutip dari laman resmi Kemenhub, Sabtu (30/9/2023).

Baca juga: Taksi Terbang Jadi Salah Satu Transportasi Publik di IKN

Sejumlah kota di Indonesia memiliki beberapa masalah yaitu kemacetan dan polusi udara akibat banyaknya penggunaan kendaraan pribadi.

Oleh karena itu, pemerintah membangun angkutan massal perkotaan seperti BRT, KRL, LRT, MRT dan angkutan massal lainnya, dengan harapan masyarakat dapat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal.

"Membangun angkutan massal adalah keniscayan, karena jika tidak dilakukan kerugiannya mencapai ratusan triliun per tahun akibat kemacetan," imbuh Budi Karya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok yang telah membangun konektivitas antar-wilayah melalui transportasi, Kemenhub memberikan penghargaan kepada para Menhub terdahulu yakni kepada Emil Salim, Agum Gumelar, Hatta Rajasa, Jusman Syafii Djamal, Freddy Numberi, Evert Erenst Mangindaan, dan Ignasius Jonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com