Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Murah di Kendal Hanya Rp 162 Juta, Ini Pilihannya (I)

Kompas.com - 30/09/2023, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Kendal terletak di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota santri.

Daerah ini juga menjadi wilayah pengembangan rumah subsidi, dengan ribuan pilihannya terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Sementara berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak Dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan, diketahui bahwa harga rumah subsidi telah naik.

Batas bawah harga rumah subsidi di Jawa (kecuali Jabodetabek) pada tahun 2023 adalah Rp 162 juta dan naik menjadi Rp 166 juta pada 2024.

Sehingga kemungkinan harga rumah subsidi di Kabupaten Kendal juga mengalami penyesuaian. Bagi Anda yang tengah mencari rumah murah di Kendal, berikut sejumlah pilihannya:

1. Sultan Residence 2

Perumahan ini berlokasi di Magelung, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal yang dikembangkan oleh PT Artha Dirga Berdikari.

Masih tersedia 218 unit rumah subsidi dengan 14 lainnya terjual seharga Rp 162 juta untuk luas bangunan 27 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

2. Graha Pandawa Tahap 2

Dikembangkan oleh PT Dasa Griya Kencana, perumahan ini berlokasi di Tunggulrejo, Kendal, Kabupaten Kendal.

Tersedia 107 unit rumah subsidi dengan 63 lainnya terjual seharga Rp 150,5 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

Baca juga: 11 Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan PSU Rp 6,6 Miliar

3. Pilar Tampingan Indah 3

Berlokasi di Tampingan, Boja, Kabupaten Kendal, perumahan ini dikembangkan oleh PT Agung Pilar Abadi.

Tersisa 33 unit rumah murah dengan 66 lainnya terjual seharga Rp 150,5 juta untuk luas bangunan 23 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

4. Perumahan Grand Tamansari Tahap I

Peruumahan ini dikembangkan oleh PT Wimala Satya Aryaguna yang berlokasi di Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Terdapat 113 unit rumah subsidi seharga Rp 162 juta untuk luas bangunan 27 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

5. Perumahan Arfasya Brangsong 2

Perumahan ini berlokasi di Tosari, Brangsong, Kabupaten Kendal yang dikembangkan oleh PT Griya Pantura Mandiri.

Masih tersedia 93 unit rumah murah dengan 5 lainnya terjual seharga Rp 162 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

Bagian kedua artikel bisa dibuka tautan berikut Rumah Murah di Kendal Hanya Rp 162 Juta, Ini Pilihannya (II)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com