Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan PSU Rp 6,6 Miliar

Kompas.com - 30/09/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 11 perumahan subsidi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) tahap II dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari jumlah tersebut, bantuan PSU senilai Rp 6,6 miliar itu diperuntukkan bagi 825 rumah subsidi di enam kabupaten/kota di Kalsel.

Bantuan PSU ini menyasa enam kabupaten/kota yakni, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan perumahan subsidi yang menerima bantuan PSU dari pemerintah pusat antara lain Perumahan Grand Rizky Mandingin, Perumahan Rizky Tanjung Regency Tahap I, dan Perumahan Grand Mahantas.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Rumah Subsidi Dibangun di Lokasi yang Aman

Kemudian, Perumahan Haji Ijas Tahap 2, Perumahan Shalli Messi Cluster 3, Perumahan Cahaya Fajar Regency 2, dan Perumahan Griya Sinar Binuang Permai Tahap 2.

Sementara itu, juga Perumahan Cahaya Binderang Asri, Perumahan Griya Annisa Tatah Belayung, Perumahan Bamega Town House dan Perumahan De Laiden yang mendapatkan bantuan PSU.

"Kami berharap dengan bantuan PSU in,i para pengembang bisa mendukung Program Sejuta Rumah (PSR) dengan membangun perumahan bersubsidi bagi masyarakat," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam rilis, Jumat (29/9/2023).

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Hujurat menjelaskan, tujuan dari program bantuan PSU berupa akses jalan lingkungan ini dipastikan untuk menstimulasikan pembangunan rumah atau perumahan subsidi.

Sehingga, membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki hunian layak.

"Adanya PSU juga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk membeli rumah bersubsidi yang harganya sangat terjangkau," kata dia.

Menurut Hujurat, adanya perumahan bersubsidi bukan berarti rumah yang dibangun mempunyai fasilitas seadanya.

Maka dari itu, penyaluran bantuan PSU membuat akses jalan lingkungan di perumahan tersebut juga tertata dengan baik dan membuat penghuni merasa nyaman tinggal bersama anggota keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com