Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Bakal Bersurat ke Jokowi, Bangun Arena Latihan Baru untuk Atlet

Kompas.com - 29/09/2023, 09:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendapatkan mandat menjadi Ketua Kontingen Asian Games 2023 yang diselenggarakan di Olympic Sport Center, Hangzhou, China.

Menteri Basuki merasa senang dan terharu karena perolehan prestasi yang didapatkan para atlet Indonesia atas hasil kerja keras mereka.

"Ternyata banyak juga atlet cabang olahraga yang berlatih sendiri. Seperti misalnya skateboard yang tidak punya pelatih. Tapi hebat, bukan main-main dan dapat medali," ungkapnya kepada awak media di Olympic Sport Center, Kamis (28/8/2023).

Melihat perjuangan para atlet Indonesia pada Asian Games ke-19 tersebut, Menteri Basuki tergerak untuk melakukan sesuatu yang dapat mendukung dan meningkatkan prestasi para atlet dengan membangun infrastruktur latihan.

"Tentu nanti ada beberapa hal yang akan saya sampaikan ke Presiden Jokowi. Karena mereka belajarnya mandiri, saya sempat teharu dan menangis. Jadi saya kira, semangat mereka itu yang membuat saya merasa harus melakukan sesuatu," imbuh Basuki.

Sebagai contoh cabang olahraga skateboard yang bisa memanfaatkan skateboard park di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Di TMII itu ada skateboard park dan tidak mahal kalau merenovasi. Jadi nanti saya akan coba cek kesana," jelas Basuki.

Baca juga: Ragam Skema Investasi hingga Insentif Pajak buat Swasta Bangun IKN

Sementara untuk cabang olahraga karate, wushu, dan taekwondo, terbuka kemungkinan untuk dibuatkan arena latihan baru.

Pada kesempatan tersebut, Basuki bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyampaikan perolehan medali para atlet Indonesia.

Indonesia berhasil mendapatkan 3 medali emas, 3 perak dan 8 perunggu per 28 September 2023. Masing-masing dari cabang olahraga shooting, wushu, canoeing atau rowing, dan skateboard.

Sementara Raja Sapta Oktohari berharap perolehan medali ini juga akan memicu semangat cabang olahraga lain.

"Mudah-mudahan akan memberikan semangat untuk cabang olahraga lain. Dan kita di sini akan terus mengawal tim Indonesia yang akan bertanding. Mohon doanya semua," tutur Raja Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com