Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMS di GBK Jadi Sarana Olahraga Indoor Terbesar Se-Indonesia

Kompas.com - 27/06/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) menjadi venue (tempat) Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 terbesar di Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Essy Asiah di acara Construction+ Focus oleh BCI Central di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

"IMS di GBK ini merupakan salah satu sarana olahraga indoor terbesar di Indonesia," kata Essy.

Asal tahu saja, Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2023-10 September 2023

Tentunya, imbuh Essy, Kementerian PUPR sebagai pengampu regulasi bangunan gedung termasuk dalam salah satu pelaku konstruksi sebagai pengguna jasa.

Baca juga: Ukuran Papan Skor JIS Lebih Besar dari Lapangan Basket, Seperti Apa?

Dalam hal ini, Kementerian PUPR berupaya untuk selalu ikut berkembang dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Indonesia, termasuk salah satunya melalui pembangunan IMS GBK.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan topping-off (tutup atap) IMS di GBK, Jumat (13/1/2023).

Tutup atap stadion yang disiapkan untuk event FIBA World Cup 2023 itu merupakan pemasangan struktur terakhir di atap tertinggi bangunan IMS pada lantai 5.

Hal itu sekaligus penanda berakhirnya kegiatan konstruksi dan mulai dilanjutkan dengan kegiatan finishing.

Stadion multifungsi ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan stadion tertutup yang ada di Indonesia.

Contohnya, dari segi luas dan kapasitasnya, IMS mempunyai luas 50.398 meter persegi dan berkapasitas penonton 16.523 orang.

Pemerintah mengeklaim bahwa stadion dengan luas dan kapasitas penonton sebanyak itu merupakan yang paling besar di Tanah Air.

Dengan kapasitas penonton sebanyak itu, IMS bisa digunakan tidak hanya untuk bola basket, tetapi juga olahraga lain, seperti bulu tangkis, voli, tenis, MMA, dan atletik.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilaksanakan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, serta changing room.

Pekerjaan juga dilakukan pada tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, ticketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, serta pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com