Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadaan Barang dan Jasa Lewat Toko Daring Dorong Pertumbuhan UMK Lokal

Kompas.com - 23/09/2023, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H. Sudirman, mendorong diutamakannya produk lokal dalam transaksi pengadaan barang/jasa melalui toko daring di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara silaturahmi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (4/9/2023) di kota Jambi.

Dalam arahannya, Sudirman menekankan pengadaan barang dan jasa melalui toko daring sudah tertuang dalam Peraturan Presiden No 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta aturan-aturan lainnya.

Karena itu, perlu koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pengadaan yang efisien, efektif, transparan, terbuka, serta akuntabel.

Baca juga: Soal Pengadaan Barang dan Jasa di Toko Daring, Pemkab Jepara Tertinggi Se-Indonesia

Tentunya, koordinasi ini perlu dilakukan untuk memastikan peningkatan realisasi pengadaan digital di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Dikatakan, pengadaan barang/jasa melalui toko daring sangat baik karena dapat mengakomodir transaksi jual-beli dengan mengutamakan produk-produk lokal yang diproduksi, terutama oleh Usaha Mikro Kecil (UMK).

“Melalui Toko Daring, kita mendorong para pelaku UMK untuk bergabung ke platform digital, sehingga ikut berperan aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pengadaan Barang/Jasa kebutuhan Pemerintah,” jelasnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabut (23/9/2023).

 

Menurut Sudirman, saat ini, banyak sekali produk tayang dengan berbagai jenis pilihan yang tersedia di platform Mbizmarket.

Sehingga hal tersebut mempermudah pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah, mempercepat realisasi belanja dan sekaligus dapat mencegah korupsi di sektor pengadaan barang/jasa.

Pada acara tersebut, Sekda Provinsi Jambi juga memberikan penghargaan kepada beberapa OPD yang berprestasi di Provinsi Jambi.

Penerima penghargaan dengan kategori Dinas dengan Kinerja Pengadaan Barang/Jasa Terbaik Tahun 2023 adalah Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi , Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Baca juga: Kini, Beli Rangka Jembatan Bisa Online di Toko Daring Kementerian PUPR

Sedangkanpenerima penghargaan dengan kategori Biro dengan Kinerja Pengadaan Barang/jasa Terbaik Tahun 2023 yakni Biro Umum Setda Provinsi Jambi, Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi, dan Biro Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Provinsi Jambi menambahkan saat ini Provinsi Jambi berada di Peringkat ke enam di Toko Daring LKPP.

“Itu di luar target kami sebelumnya. Kedepannya kami akan terus mendorong para OPD untuk bertransaksi pengadaan barang/ jasa Pemerintah melalui Toko Daring, yaitu di marketplace Mbizmarket sehingga bisa erealisasikan peningkatan pengadaan digital pemerintah” tutur
Sandhi.

Mbizmarket telah hadir sebagai marketplace mitra Toko Daring LKPP yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi sejak awal tahun 2022. M

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com