Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seputar Proyek Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN, Biaya hingga Fasilitasnya

Kompas.com - 22/09/2023, 13:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Sepak Bola Indonesia akan memiliki training center (pusat latihan). Lokasinya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu ditandai dengan prosesi groundbreaking pembangunan Pusat Latihan Timnas yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (22/09/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini groundbreaking National Training Center secara resmi saya nyatakan dimulai," ujar Kepala Negara dikutip dari tayangan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Seiring dengan itu, berikut beberapa hal mengenai proyek Pusat Latihan Timnas Sepak Bola Indonesia di IKN:

Berjumlah 8 Lapangan

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menyampaikan, area Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN berada di atas lahan seluas 34,5 hektar.

"Ini totalnya rencana akan terjadi 8 lapangan. Di mana nanti ada lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, dan juga lapangan beach football," jelasnya saat prosesi groundbreaking National Training Center di IKN.

Baca juga: Raksasa Properti Berbondong ke IKN Cari Cuan, Jokowi Anggap Wajar

Namun untuk pembangunan fase 1, jumlahnya baru dua lapangan terlebih dahulu. Sisanya akan dilanjutkan pembangunannya pada fase 2.

Biaya Pembangunan

Total biaya pembangunan Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN beserta fasilitas pendukungnya mencapai Rp 180 miliar. Sumbernya dari hibah FIFA Rp 85,6 miliar dan APBN Rp 95 miliar.

Erick Thohir menyebutkan bahwa pada fase 1, FIFA telah memberikan hibah pendanaan Rp 85,6 miliar. Nominal bantuan dari FIFA ini diklaim paling besar di Asia Tenggara.

"Tentu ini juga hasil dari kerjasama dari Kementerian PUPR, yang di mana fasilitas daripada infrastruktur pendukung dan land clearing dilakukan oleh Pak Basuki, APBN juga Rp 95 miliar," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Jokowi, bahwa pemerintah melalui APBN juga turut andil dalam pembangunan Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN.

"Dukungan pemerintah juga tidak kecil, yaitu sebesar Rp 95 miliar yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi," katanya.

Kelengkapan Fasilitas

National Training Center di IKN ini tidak hanya berupa lapangan sepak bola saja, melainkan juga akan tersedia fasilitas pendukung kawasan.

Menurut Erick Thohir, Pusat Latihan Timnas Sepak Bola ini akan dilengkapi asrama bagi para atlet dan pelatih, serta ruang ganti.

"Dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang, juga sport science dan lain-lain," imbuhnya.

Baca juga: Bilah Garuda Istana Negara Sudah Tiba di IKN, Siap Dipasang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com