BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Generasi Muda Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, Ini Faktor Pertimbangan Memilih Hunian

Kompas.com - 12/09/2023, 08:03 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hunian dengan fitur ramah lingkungan semakin diminati generasi muda. Hal ini tak lepas dari meningkatnya kepedulian mereka terhadap perubahan iklim.

Berdasarkan survei bertajuk “Consumer Sentiment Survey H2 2021” dari Rumah.com, sembilan dari 10 responden merasa fitur-fitur ramah lingkungan pada rumah atau apartemen yang akan dibeli sangat penting.

Selain itu, 48 persen dari 1.031 responden survei tersebut mementingkan rumah dengan fitur yang dapat mengurangi penggunaan listrik.

Masih dari survei yang sama, responden dari golongan usia termuda memiliki kesiapan membayar lebih untuk memiliki rumah ramah lingkungan. Satu dari tiga responden berusia 22-29 menyatakan tidak keberatan mengeluarkan biaya lebih demi mendapatkan rumah ramah lingkungan.

Sementara itu, berdasarkan kemampuan ekonomi, sebanyak 33 persen responden dari kalangan menengah menginginkan fitur ramah lingkungan pada hunian, meski harus merogoh kocek lebih dalam. Hanya satu dari 10 responden berpendapatan menengah yang menolak membayar lebih mahal.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon, Sinar Mas Land Hadirkan Bus Listrik di BSD City

Survei tersebut membuktikan bahwa rumah yang mengusung konsep ramah lingkungan atau berkelanjutan semakin diminati generasi muda. Bukan tak mungkin hal itu menjadi tren nantiya mengingat penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh kelompok usia muda.

Sejatinya, memilih rumah berkonsep ramah lingkungan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, banyak pengembang mengeklaim properti yang dibangun ramah lingkungan, tapi mengabaikan berbagai aspek keberlanjutan atau sustainable. Oleh karena itu, calon pembeli harus cermat untuk memilih hunian masa depan.

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa faktor yang sebaiknya menjadi pertimbangan generasi muda dalam memilih hunian berkelanjutan.

1. Lokasi strategis

Lokasi strategis menjadi salah satu indikator hunian berkelanjutan. Pasalnya, hunian di lokasi strategis biasanya terhubung dengan akses transportasi, area kerja, pusat perbelanjaan, serta pusat hiburan. Hal ini dapat mengurangi polusi udara akibat jarak tempuh perjalanan yang jauh.

Selain itu, lokasi hunian yang berdekatan dengan stasiun kereta atau halte bus yang dapat mendorong penggunaan transportasi umum. Dengan begitu, mereka dapat berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan dampak negatif lainnya terhadap lingkungan. Akan lebih baik pula jika mereka dapat menggunakan transportasi yang mendukung gaya hidup berkelanjutan, seperti sepeda, motor listrik, skuter, serta berbagi kendaraan.

2. Mengusung arsitektur hijau

Arsitektur hijau merupakan konsep desain dan pembangunan yang didasarkan atas prinsip ekologis dan konservasi lingkungan. Tujuannya, untuk menghasilkan bangunan hemat energi, ramah lingkungan, serta mengurangi emisi gas rumah kaca.

Untuk meminimalisasi dampak lingkungan, rumah berkonsep arsitektur hijau menggunakan material ramah lingkungan, baik dalam proses produksi, penggunaan, maupun pembuangannya. Adapun material ramah lingkungan yang digunakan dapat mencakup bahan-bahan alami, daur ulang, serta biodegradable.

Baca juga: Resmi Jadi KEK Digital, Ini 4 Kelebihan Nongsa untuk Investasi Properti

Selain itu, rumah berkelanjutan biasanya menggunakan sumber energi alternatif tambahan selain listrik, seperti solar panel. Dengan menggunakan solar panel, pengguna dapat menghemat energi sekaligus mengurangi ketergantungan pada pasokan listrik.

Tak hanya bermanfaat untuk lingkungan, arsitektur hijau juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuninya. Pasalnya, rumah berkonsep arsitektur hijau biasanya menerapkan sistem ventilasi silang dan jendela yang dapat dibuk untuk menciptakan aliran udara dan pencahayaan alami.

Hal tersebut dapat mengurangi konsentrasi polutan di udara dalam ruangan, seperti partikel debu, alergen, dan zat kimia berbahaya.

Penggunaan elemen-elemen alam juga memperindah tampilan rumah berkelanjutan, seperti kayu, batu, tanah liat, kolam, serta taman dalam rumah. Material-material ini dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan menentramkan hati penghuni.

3. Kompleks perumahan keberlanjutan

Selain arsitektur, hunian berkelanjutan biasanya terletak di kompleks perumahan yang menunjang gaya hidup berkelanjutan. Kompleks perumahan ini didesain dan dikembangkan untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan harmonis serta mendorong gaya hidup ramah lingkungan.

Dari aspek pemanfaatan, kompleks perumahan berkelanjutan biasanya memaksimalkan penggunaan lahan tanpa mengorbankan ruang terbuka hijau dan taman. Kompleks ini juga dilengkapi dengan infrastruktur yang mendukung penggunaan energi terbarukan, seperti panel surya, sistem pengumpulan air hujan, dan penerangan LED.

Untuk mendorong gaya hidup berkelanjutan, kompleks perumahan itu juga menyediakan program pendidikan dan kesadaran lingkungan kepada penghuninya. Program ini dilakukan dengan melibatkan komunitas, lembaga pemerintah, dan organisasi lingkungan.

4. Fasilitas penunjang kualitas hidup

Hunian berkelanjutan biasanya didukung fasilitas untuk menunjang kualitas hidup penghuni. Fasilitas ini dapat meningkatkan kesehatan, keamanan, kenyamanan, serta kebahagiaan penghuni. Adapun fasilitas yang terdapat di sekitar hunian berkelanjutan adalah fasilitas olahraga, hiburan, kesehatan, pendidikan, serta sosial.

Untuk fasilitas olahraga, hunian berkelanjutan biasanya dilengkapi jogging track, kolam renang, taman bermain, gym, serta jalur sepeda.

Selanjutnya, fasilitas ramah anak dan keluarga dapat berupa taman bermain, area bermain anak, dan fasilitas pendidikan untuk anak-anak juga jadi pelengkap.

Baca juga: Punya Daya Tarik Tersendiri, Ini Alasan Tinggal di Kota Mandiri Jadi Pilihan Tepat

Tak lupa, hunian berkelanjutan juga memiliki area terbuka hijau yang luas. Selain menyediakan udara bersih dan sejuk, area terbuka hijau juga dapat menjadi tempat untuk bermain, bersantai, serta berolahraga. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental penghuni.

Itulah berbagai faktor yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan generasi muda dalam memilih hunian berkelanjutan. Semua faktor itu terdapat pada hunian teranyar Sinar Mas Land, yakni Terravia BSD City dan Tanakayu Vasya BSD City.

Untuk diketahui, Terravia BSD City merupakan klaster perumahan terbaru BSD City. Adapun produk perdana yang di-launching di klaster ini adalah Rumah Adora.

Terravia BSD City. DOK. Sinar Mas Land. Terravia BSD City.

Adora at Terravia BSD menawarkan konsep “Back to Nature, Enriching Future” untuk menciptakan komunitas perumahan earth friendly dan sustainable penghuninya.

Dari aspek desain, hunian tersebut mengusung konsep rumah tropical modern kekinian. Desainnya mengusung jendela yang tinggi dan lebar pada lantai dasar untuk memperlancar sirkulasi udara. Terdapat juga balkon pada bagian atas yang dapat digunakan penghuni untuk berbagai keperluan.

Untuk jumlah ruangan, rumah Adora memiliki jumlah ruangan 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, serta 1 carport. Pada area belakang, terdapat vertical garden yang terpapar pencahayaan matahari langsung. Kamar tidur utamanya luas dan dilengkapi dengan kamar mandi dalam.

Selain itu, ruang keluarga dan makan yang luas juga terhubung langsung. Terdapat juga smart door lock untuk menunjang keamanan dan air purifier untuk kesehatan penghuni.

Untuk menunjang gaya hidup berkelanjutan penghuni, Rumah Adora at Terravia BSD sudah dilengkapi solar panel dan integrated waste management system. Rumah ini terhubung langsung dengan area hijau seluas 2 hektare. Penghuni dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti communal park, Outdoor Gym Serenita Lane, serta Stepped Seating Spots Concordia Lane.

Terdapat juga Lattea Park yang terdiri dari collaboration working pods, children arcade sebagai pilihan terbaik bagi si kecil untuk bermain, serta jogging track Green Pathway.

Selain itu, Rumah Adora at Terravia BSD juga berdekatan dengan area hiburan theme park Cimory Land, Jatim Park, Universitas Atmajaya BSD, Universitas Prasetiya Mulya, The Breeze, AEON Mall, ICE BSD, Stasiun Cisauk, serta pasar modern BSD.

Tanakayu Vasya.DOK. Sinar Mas Land. Tanakayu Vasya.

Sementara itu, Tanakayu Vasya BSD City menawarkan hunian bertema tropical modern resort di BSD City. Hunian ini memiliki desain fasad rumah dan rooftop terbaru dengan berbagai ciri unggulan.

Pertama, Concrete Brick (GRC) sebagai dinding pelindung kedua rumah. Dinding ini memberikan proteksi tambahan, mempercantik tampilan, serta menjadi privasi tambahan bagi penghuni rumah.

Kedua, jendela yang tinggi untuk memastikan cahaya alami leluasa masuk ruangan rumah dan memberi kesan rumah lebih lebar.

Ketiga, mood natural stone pada dinding depan rumah yang memberi accent tropical resort modern rumah. Rumah Tanakayu Vasya juga memiliki desain fasad yang lebih modern ketimbang varian sebelumnya.

Selain itu, klaster Tanakayu BSD sudah dilengkapi fasilitas modern, seperti integrated security system, smart home system, publik WiFi, serta inhand technology onesmile.

Hunian yang dirancang untuk menunjang gaya hidup sehat itu juga memiliki fasilitas 5 star club house dengan kolam renang, production hall, children playground, gym, jogging track, dan juga outdoor working area.

Berada di kawasan pengembangan BSD City, Tanakayu BSD memiliki akses lima jalan tol dan mudah dicapai menggunakan kereta api.

Hunian berkonsep tropical modern resort ini juga dekat dengan area central commercial, Sekolah nasional dan international, QBIG, Jatim Park, Cimory Dairyland, ICE BSD, Aeon BSD dan hanya sekitar 5 Menit dari Pintu Tol serta 10 menit ke Theme Park Cimory maupun K-Town.

Sebagai informasi, Tanakayu Vasya BSD City memiliki berbagai tipe, yakni tipe 7×12, 7x14, serta 7x17. Sementara itu, luas tanahnya 84 meter persegi dan luas bangunan 137 meter persegi. Adapun Rumah Tanakayu Vasya BSD untuk tipe, 7x12 dihargai mulai Rp 2,9 miliar. Penghuni dapat memiliki akses langsung ke 5 Star Tanakayu Club House.

Sementara itu, Rumah Adora at Terravia BSD memiliki tipe 6×11 dua lantai seluas 93 meter persegi. Harganya dibanderol mulai Rp 1,9 miliar.

Hunian Terravia dan Tanakayu Vasya BSD City dapat menjadi pilihan tepat bagi generasi milenial untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan. Selain cocok sebagai investasi, hunian ini juga dapat menunjang kesehatan penghuninya. Fasilitas yang terdapat di kedua hunian ini juga sangat unggul untuk mendukung berbagai aktivitas penghuninya.

Jadi, tunggu apa lagi? Beli huniannya sekarang dan nikmati berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Sinar Mas Land atau hubungi 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com