Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakaaston Gunakan Aspal PG untuk Bangun Proyek, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 07/09/2023, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Hutama Karya (Persero) di bidang produksi manufaktur hotmix, precast spun pile dan Jasa Layanan Operasi (JLO), serta maintenance jalan tol, PT Hakaaston menggunakan aspal Performance Grade (PG) di sejumlah ruas jalan tol yang dikelola.

Mulai dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Indralaya-Prabumulih, Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi S.

Direktur Teknik dan Operasi (DTO) HKA Martin Nababan menjelaskan, hotmix yang digunakan pada aspal PG merupakan modifikasi konvensional yang sebelumnya digunakan pada aspal bitumen Penetration (Pen) 60/70.

Adapun keunggulan dari penggunaan Aspal PG ini antara lain tahan terhadap kondisi iklim indonesia yang tropis.

Baca juga: Aspal Buton Kian Dilirik, Bakal Melapisi 63,7 Kilometer Jalan Nasional

Selanjutnya, memiliki kemampuan menahan beban berat dan mengurangi resiko deformasi serta kerusakan struktural pada permukaan jalan.

Aspal PG juga memberikan tingkat keamanan yang lebih bagi pengguna jalan karena karakteristik aspal yang lebih baik.

Aspal PG mengkhususkan modifikasi pada suhu produksi yang lebih tinggi untuk mencapai karakteristik unggul dan spesifikasi yang dipersyaratkan.

Sementara itu, ditinjau dari harga produk hotmix, Aspal PG memiliki harga yang lebih tinggi, namun tetap ekonomis dikarenakan keunggulan dan masa layan lebih lama.

Pada pengaplikasian Aspal PG juga tidak memerlukan teknik konstruksi khusus untuk proses penghamparannya. Sehingga, tidak menyulitkan saat implementasi di lapangan.

Namun, perlu diperhatikan pemanasan Aspal PG tidak boleh dilakukan berkali-kali dikarenakan terdapat aditif polimer untuk modifikasi.

"Kami bangga telah mewujudkan komitmen terhadap kualitas dan inovasi dalam industri konstruksi," ujar dia dalam rilis, Kamis (7/9/2023).

Penggunaan Aspal PG yang bersertifikasi ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 45001 telah membuktikan bahwa langkah inovatif ini memiliki dampak positif yang signifikan pada konstruksi perkerasan jalan yang tahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com