Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Proyek Preservasi Jalan Senilai Rp 129 Miliar Gunakan Aspal Buton

Kompas.com - 16/08/2023, 10:06 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi mencatat, terdapat 18 proyek yang menggunakan aspal buton (asbuton) dengan estimasi nilai kontrak sebesar Rp 129 miliar.

Material tersebut digunakan untuk program preservasi dan pembangunan infrastruktur jalan di seluruh Indonesia melalui Ditjen Bina Marga.

Hal ini diketahui dari digelarnya serangkaian forum business matching (temu bisnis) pada Juli-Agustus 2023.

Salah satunya, kegiatan penandatanganan kontrak pembelian antara penyedia jasa konstruksi dan produsen Asbuton dalam Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, (Gernas BBI dan BBWI) di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (11/8/2023).

Diketahui, kegiatan penandatangan kontrak diwakili oleh penyedia jasa konstruksi dan produsen untuk tiga paket terkontrak di Sulawesi.

Ini meliputi Preservasi Jalan Batas Provinsi Sulawesi Selatan-Tolala-Lelewawo, Preservasi Jalan Simpang Kampung Baru-Wolulu-Bambaea, dan Preservasi Jalan Batas Sultra Asera-Belalo/Lasolo.

Baca juga: Pakai Produk Lokal, Perbaikan Jalan di Bengkulu dengan Aspal Buton dan Karet

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengajak peran aktif dari UMKK untuk mengimbau kepada seluruh pelaku usaha Koperasi dan UMKM agar segera mendaftarkan produknya pada e-katalog, serta melakukan sertifikasi Tingkat Komponen Dalan Negeri (TKD) pada produknya melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Hal tersebut untuk memenuhi komitmen belanja PDN Kementerian PUPR,” ujar Racman Arief dilansir dari laman Kementerian PUPR, Rabu (16/8/2023).

Sementara Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Sultra Yuni Nurmala Bakti juga mengapresiasi Kementerian PUPR yang merupakan anggota dari Tim Gernas BBI sesuai dengan Keppres Nomor 15 Tahun 2021.

Karena, telah mengampanyekan Gernas BBI dan BBWI Tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Tenggara, dan bertindak sebagai co-campaign manager pada pelaksanaan kegiatan.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra juga memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR atas penggunaan asbuton sebanyak 112.000 ton untuk pengaspalan ruas jalan di beberapa wilayah di Indonesia,” tandas Yuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com