Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Akses Jalan dan Transportasi Pendukung di Empat Stasiun KCJB

Kompas.com - 14/08/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KCIC berupaya menyiapkan akses menuju area Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya.

Penyediaan akses tersebut dapat dilakukan melalui dukungan dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta, dan para operator transportasi, untuk mewujudkan aksesibilitas dan integrasi antar moda yang baik bagi penumpang KA Cepat.

Seperti diketahui, KCJB akan memiliki empat stasiun, meliputi Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Sejauh ini, progres konstruksi Stasiun Halim sudah mencapai 97,32%, Karawang 98,14%, Padalarang 67,51%, dan Tegalluar 99,82%.

Dikutip dari laman KCIC pada Senin (14/08/2023), berikut ragam akses jalan dan transportasi pendukung dari ataupun menuju keempat Stasiun KCJB

Stasiun Halim

Stasiun Halim yang akan mudah dijangkau oleh masyarakat melalui berbagai akses yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Sejumlah kerja sama dengan berbagai operator juga dijalin agar berbagai moda transportasi dapat menjangkau Stasiun Halim.

Baca juga: Tak Jadi Agustus, Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Awal September

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jalan DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta-Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvesional maupun online.

"Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diharapkan bisa dengan mudah menjangkau Stasiun KA Cepat Halim. Karena itu kami berusaha untuk menyediakan berbagai akses yang strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Baik penyediaan akses Terusan Jalan DI Pandjaitan dan Exit Tol km 1+850, akan siap dioperasikan pada Agustus 2023.

"Kehadiran integrasi antarmoda ini diperlukan untuk memudahkan masyarakat. Dengan akses yang mudah dan moda transportasi yang beragam, diharapkan masyarakat tidak kesulitan untuk menuju stasiun KA Cepat Halim yang nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai pusat aktifitas seperti perkantoran, hotel, retail dan lainnya," terangnya.

Stasiun Padalarang

Stasiun Padalarang telah memiliki jalan eksisting yang diperbaiki dan diperlebar.

Nantinya akan ada akses penghubung Stasiun Padalarang dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop off dan skybridge yang terhubung langsung dengan bangunan stasiun.

Stasiun Padalarang sendiri akan memiliki layanan intermoda berupa KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Commuter Line Garut, BRT Trans Metro Pasundan, Damri, shuttle, angkutan dalam kota, serta taksi konvensional dan online.

Stasiun Karawang

Kemudian untuk Stasiun Karawang, akan tersedia Akses jalan dari Kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol km 42 Tol Jakarta-Cikampek yang seluruhnya sedang dalam tahap persiapan pembangunan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com