Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Jadi Agustus, Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Awal September

Kompas.com - 08/08/2023, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KCIC menyebutkan bahwa uji coba pra-operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan pada awal September 2023.

Waktu tersebut mundur dari rencana uji coba operasi dengan penumpang terbatas sebelumnya yakni pada 18 Agustus 2023.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyampaikan, rencananya uji coba pra-operasi akan berlangsung mulai awal September 2023.

"Untuk memastikan program uji coba pada masa pra-operasi KA Cepat relasi Jakarta-Bandung dapat berjalan dengan baik, saat ini kami terus melakukan persiapan di berbagai sisi," ujarnya dikutip dari laman KCIC, Selasa (08/08/2023).

Baca juga: Setiap Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dihiasi Motif Budaya Lokal

Menurut dia, sebagai moda transportasi KA Cepat pertama di Indonesia maupun di Asia Tenggara, pengoperasian KCJB memerlukan persiapan yang sangat matang.

"Seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan KA Cepat," imbuhnya

Adapun uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar.

Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun.

"Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan," tandasnya.

Baca juga: Kejar Izin Operasi, KCJB Uji Pertama Bareng Ditjen Perkeretaapian

Eva menambahkan terkait uji coba pra-operasi KCJB, pada masa tersebut masyarakat dapat KA Cepat tanpa dikenakan biaya.

Selain diperuntukkan bagi warga di sekitar trase, juga akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri.

"Adapun mekanisme dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujicoba gratis akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi PT KCIC," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com