Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip "Rumah" bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 03/07/2023, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menjajal uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Kamis (22/6/2023) silam.

Uji coba dilakukan mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, hingga Stasiun Tegalluar dan kembali lagi ke Stasiun Halim.

Tidak hanya stasiun, Tegalluar pun juga menjadi ‘rumah’ bagi KCJB atau yang disebut depo.

Baca juga: Meski Beda Fungsi, Kereta Inspeksi dan Penumpang KCJB Bisa Digandengkan

Melansir laman PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCICDepo Tegalluar menjadi tempat dimana rangkaian KCJB yang telah tiba dirangkai ulang dan mendapatkan perawatan lanjutan.

Untuk menunjang kebutuhan operasional dan perawatan KCJB, Depo Tegalluar memiliki beragam fasilitas yang menarik untuk diketahui.

GM Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menyebutkan, tersedia 7 area utama di Depo Tegalluar yang akan memenuhi kebutuhan maintenance dan operasional KCIC400AF.

Seluruh area tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, mulai dari perawatan ringan sampai berat.

“Kebutuhan maintenance dan operasional dari KCJB sangat beragam. Mulai dari tempat peristirahatan kereta sampai perawatan berat tersedia di Depo Tegalluar. Kami sediakan 7 area dengan fungsi yang berbeda. Seluruh area dapat dioperasikan secara bersamaan untuk memastikan keoptimalan operasional KCJB,” tutur Rahadian.

Baca juga: Tiga Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Depo Tegalluar

Area pertama adalah Dynamic Monitor Shed yang berfungsi untuk memeriksa atau mendeteksi kerusakan pada roda Pantograph EMU secara general.

Kemudian, Stabling Zone yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan rangkaian KCIC400AF yang tidak sedang beroperasi atau dalam antrean untuk dilakukan perawatan.

Area ini memiliki 14 jalur yang dapat digunakan untuk stabling dan alur keluar-masuk dari sistem perawatan di Depo Tegalluar.

Selanjutnya, Temporary Repair & Loading Wheel-Set Area ini berfungsi sebagai tempat membubut atau memperbaiki profil roda secara otomatis tanpa harus melepaskan bogie dari kereta.

Lalu, di Depo Tegalluar juga terdapat Train Washing yang berfungsi untuk membersihkan bagian luar KCIC400AF secara otomatis.

Di area ini, tersemat mesin bernama EMU surface washing equipment yang bertugas memastikan KCIC400AF dalam kondisi bersih.

Sejumlah Cars Kereta Cepat sudah sampai di Depo Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pihak KCIC sebut sudah memiliki 7 area perawatanKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Sejumlah Cars Kereta Cepat sudah sampai di Depo Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pihak KCIC sebut sudah memiliki 7 area perawatan
Depo Tegalluar juga dilengkapi dengan Dynamic Debugging Zone yaitu tempat untuk pengujian EMU secara dinamis setelah dilakukan perawatan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com