Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Jalan Raya dan Exit Toll Menuju Stasiun Halim Dibuka Agustus Ini

Kompas.com - 14/08/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan terhubung dengan jalan raya dan exit toll.

Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan jalan raya melalui akses dari Jalan DI Panjaitan dan Exit Tol Km 1+850 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diharapkan bisa dengan mudah menjangkau Stasiun KCJB Halim. Karena itu kami berusaha untuk menyediakan berbagai akses yang strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi.

Penyediaan akses terusan Jalan DI Pandjaitan merupakan kolaborasi antara KCIC dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Selain itu KCIC juga berkolaborasi dengan Jasa Marga untuk menyediakan Exit Tol Km 1+850 agar masyarakat bisa mengakses langsung Stasiun Halim dari Tol Japek.

Diinformasikan bahwa kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023 untuk mendukung kelancaran operasional KCJB.

Kehadiran integrasi antar-moda ini diperlukan untuk memudahkan masyarakat. Dengan akses yang mudah dan moda transportasi yang beragam, diharapkan masyarakat tidak kesulitan untuk menuju stasiun KCJB Halim.

"Nantinya Stasiun ini juga akan dilengkapi dengan berbagai pusat aktivitas seperti perkantoran, hotel, retail dan lainnya," imbuh Dwiyana.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahaya Bakar Sampah Dekat Rel Kereta Api

Akses stasiun lain juga sedang disiapkan, seperti Stasiun Padalarang yang telah memiliki jalan eksisting serta saat ini tengah diperbaiki dan diperlebar.

Nantinya akan ada akses penghubung Stasiun Padalarang dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop off dan skybridge yang terhubung langsung dengan bangunan stasiun.

Stasiun Padalarang bakal dilengkapi layanan intermoda berupa Kereta Api (KA) Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Commuter Line Garut, BRT Trans Metro Pasundan, Damri, shuttle, angkutan dalam kota, serta taksi konvensional dan online.

Kemudian untuk Stasiun Karawang, akan tersedia akses jalan dari Kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol Km 42 Tol Japek yang seluruhnya sedang dalam tahap persiapan pembangunan.

KCIC akan terus melakukan percepatan pembangunan, agar nantinya saat Stasiun Karawang dioperasikan masyarakat dapat mengaksesnya dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com