Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 104 mahasiswa mendapatkan kesempatan magang di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan mahasiswa magang di IKN Nusantara merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ini merupakan tindak lanjut usulan para Guru Besar Bidang Sumber Daya Air (SDA) saat berkunjung ke IKN guna meningkatkan kompetensi SDM bidang konstruksi agar berdaya saing dan kompeten.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fattah menuturkan, kegiatan ini merupakan kesempatan sangat baik bagi para mahasiswa untuk menjadi bagian penting dari proses pembangunan IKN.

Baca juga: Ini Daftar Konglomerat yang Terjun ke IKN

"Oleh karena itu, manfaatkan betul kesempatan baik ini," terang Zainal dilansir dari laman Kementerian PUPR, Senin (4/9/2023).

Menurut Zainal, pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur tidak hanya sekadar membangun gedung-gedung pemerintahan, tetapi juga menjadi lompatan untuk transformasi bangsa menuju Indonesia Maju.

Pembangunan IKN Nusantara mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Sehingga, akan menjadi representasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota pintar), kota modern berkelanjutan, serta memiliki standar internasional.

"Sesungguhnya, pembangunan IKN membangun budaya baru, tata kota baru, tata kelola ibu kota baru. Oleh karena itu, sekali lagi manfaatkan betul kesempatan ini dengan baik, gali ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal pendidikan Anda," tutur dia.

Sekretaris BPSDM Kementerian PUPR Achmad Subki mengatakan program mahasiswa magang Kampus Merdeka di IKN Nusantara diikuti oleh 104 mahasiswa dari 27 Universitas.

Pelaksanaannya dilaksanakan selama empat bulan yakni, mulai September 2023-Desember 2023.

Selama di IKN Nusantara, para mahasiswa akan mengikuti program magang yang meliputi 12 kegiatan infrastruktur.

Seperti Pengendalian Banjir dan Drainase Utama, Pembangunan Bendungan, Penyediaan Air Baku, Penerapan Teknologi Informasi Pengelolaan SDA, Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat, Manajemen Aset/Manajemen Konflik/Pengarsipan/Pemanfaatan Lahan.

Selanjutnya, Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat; Dermaga Logistik IHM Sepaku; Land Development Sub-WP 1B, Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator, Pembangunan IPAL 1, 2, 3 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (KIPP IKN), dan Pendampingan pembangunan Perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com