Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyararakat yang ingin melihat visualisasi desain dan progres Ibu Kota Nusantara (IKN), Anda dapat mengakses command center Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bernama "Nusantara".

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan hal ini dalam Rapat dengan Komisi V DPR RI, Kamis (31/8/2023).

"Kemudian, command center IKN ini bisa diakses secara umum untuk melihat visualisasi desain dan progres IKN," jelas Zainal.

Zainal mengungkapkan, Kementerian PUPR menyediakan CCTV maupun data desain berupa Building Information Modelling (BIM) beserta progres infrastruktur pada Nusantara.

"Oleh karena itu, karena kebutuhan semakin meningkat, kebutuhan bandwitdh-nya (lebar pitanya) sejalan dengan pesatnya permintaan dan akses untuk data ini," tambah dia.

Baca juga: Infrastruktur IKN Jadi Prioritas, Dapat Jatah Rp 35,37 Triliun

Khusus untuk command center IKN, Kementerian PUPR telah mendapatkan penghargaan pada tingkat internasional di Amerika Serikat atas pengembangan situs tersebut.

Kata Zainal, penghargaan tersebut diterima oleh para anak muda di lingkup Kementerian PUPR.

"Dan Alhamdulillah, kami mengirimkan anak muda untuk menerima langsung penghargaan tersebut di Amerika karena memang dorong yang muda-muda untuk melakukan proses-proses percepatan," tutur Zainal.

Mengutip situs tersebut, progres pembangunan infrastruktur di IKN batch 1 dan 2 per 17 Agustus 2023 masing-masing tembus 41,03 persen dan 0,09 persen.

Rinciannya, 39 paket fisik untuk pembangunan infrastruktur batch 1 terkontrak sejak 2020 hingga Maret 2023.

Lalu, untuk batch 2, terdapat 39 paket fisik yang saat ini sedang persiapan atau progres lelang Maret 2023.

Adapun total pagu anggaran pekerjaan fisik terkontrak di proyek infrastruktur IKN mencapai Rp 54,695 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com