Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Infrastruktur Teknologi dan Informasi, KCI Gaet PLN Icon Plus

Kompas.com - 04/09/2023, 10:42 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sub-holding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN ICON Plus bekerja sama dengan anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakni PT Kereta Commuterline Indonesia atau KCI untuk melakukan digitalisasi dan kolaborasi dalam pengembangan usaha.

Direktur Keuangan PLN ICON Plus Teguh Widhi Harsono menuturkan, perusahaan siap untuk meningkatkan kerja sama tersebut.

"Ini adalah langkah strategis yang diambil oleh kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam era-digitalisasi," katanya dalam siaran pers, Senin (4/9/2023).

Teguh menuturkan, PLN ICON Plus dengan produk layanan yang dimiliki siap mendukung digitalisasi layanan yang dilakukan KCI.

Dalam kerja sama yang terjalin selama ini, PLN ICON Plus menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan oleh KCI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman layanan lebih baik kepada para pengguna jasa.

Baca juga: Resmi, KCI Jadi Operator KA Bandara Soekarno-Hatta

Infrastruktur ini meliputi jaringan komunikasi andal, sistem manajemen data, serta aplikasi dan platform digital untuk memudahkan akses dan interaksi dengan pengguna jasa.

Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto menyampaikan harapan serta apresiasi atas kolaborasi antar-perusahaan yang telah berjalan baik selama ini.

"Fokus kami di KCI adalah peningkatan layanan kepada pelanggan melalui penggunaan teknologi dan digitalisasi platform yang memberikan kemudahan akses layanan kepada pelanggan. Terima kasih untuk dukungan yang diberikan PLN ICON Plus kepada KCI, semoga kolaborasi antar BUMN ini memberikan banyak manfaat," ucap Asdo.

Selain itu, kedua perusahaan juga akan saling berkolaborasi dalam mengembangkan usaha dan layanan terkait energi terbarukan dan efisiensi energi.

Melalui digitalisasi dan kolaborasi ini, PLN ICON Plus dan KCI berharap dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam memanfaatkan teknologi untuk menjawab tantangan dan memperluas kesempatan bisnis pada era-digital.

Dengan sinergi antara sektor energi dan transportasi, diharapkan dapat mencapai masa depan Indonesia lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com