Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Kantongi Kontrak Baru, Nilainya Capai Rp 15,41 Triliun

Kompas.com - 31/08/2023, 20:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Juli 2023, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) berhasil mengantongi kontrak baru sebesar Rp15,41 triliun.

Capaian ini sekaligus meningkatkan order book yang digenggam perseroan menjadi Rp 61,39 triliun.

Kontribusi terbesar pada perolehan kontrak baru tersebut berasal dari segmen infrastruktur dan bangunan gedung sebesar 40,70 persen. Sisanya berasal dari segmen Industri, EPCC dan disusul dengan realti dan properti.

Dari sisi pemberi kerja, sebagian besar proyek yang diraih oleh Perseroan berasal dari Pemerintah dan BUMN dengan skema pembayaran monthly progress.

Baca juga: WIKA Ngebut Bereskan Tujuh Proyek Bendungan

Beberapa proyek yang berhasil diperoleh Perseroan pada Juli 2023 diantaranya pembangunan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan Seksi 2 serta SPAM Wosusokas segmen 2 dan 4.

Corporate Secretary WIKA, Mahendra Vijaya meyakini bahwa perolehan kontrak baru ini membuktikan bahwa Perseroan masih mendapatkan kepercayaan dari para pemberi kerja.

 

Hal ini karena WIKA masih mampu memberikan kinerja yang baik dan telah terbukti menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional pada beberapa waktu terakhir.

Realisasikan Pembayaran 1.314 Mitra Kerja

Keberlangsungan usaha WIKA juga berjalan beriringan dengan pemberdayaan UMK yang dicerminkan dengan realisasi pembayaran terhadap 1.314 mitra kerja.

Pembayaran senilai Rp 636,29 miliar berlangsung sepanjang Agustus 2023 saja dimana sebesar Rp 198,86 miliar dibayarkan kepada 1.072 mitra kerja yang merupakan UMK.

Baca juga: Tumbuh 37 Persen, Pendapatan Wika Gedung Capai Rp 1,63 Triliun

“Pembayaran ini membuktikan bahwa bisnis Wika saat ini tetap mampu memberikan kemampuan Perseroan dalam memenuhi komitmen WIKA dengan para mitra kerjanya sehingga Perseroan tetap menjaga kepercayaan dari para mitra kerja,” ujar Mahendra dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Hal ini menunjukan langkah transformasi Perseroan yang mulai membawa hasil, dimana aktivitas bisnis Perseroan mampu menghasilkan arus kas masuk.

Langkah WIKA untuk memprioritaskan pembayaran terhadap mitra kerja didasari pada keyakinan Perseroan bahwa dukungan yang diberikan oleh mitra kerja akan berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha WIKA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com