Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Keroyokan" dengan Kontraktor Ini, WIKA Bangun Jaringan Pipa di Jakarta

Kompas.com - 18/07/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk ditunjuk sebagai salah satu kontraktor pembangunan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) pada paket 2 dan 3.

Dalam membangun proyek tersebut, Wika tergabung bersama Kumagai Gumi Co., LTD. dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dengan membentuk joint-venture (usaha patungan).

Penunjukan ini sebagaimana tertuang dalam kontrak yang ditandatangani bersama di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Proyek yang digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (PUPR) ini bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta.

Baca juga: WIKA Bertransformasi, Lebih Selektif Pilih Pemberi Kerja

Caranya, dengan pembangunan jaringan pipa dan stasiun pompa yang berfungsi untuk mengolah air limbah.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan, perusahaan memiliki porsi sebesar 30 persen pada kontrak paket 2 dengan nilai total mencapai Rp 862 miliar.

Adapun lingkup pekerjaan WIKA pada proyek yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut di antaranya pembangunan jaringan pipa dengan diameter mencapai 1200 mm dengan metode pipe jacking dan open cut.

Sementara pada pengerjaan paket 3 dengan total kontrak senilai Rp 1,8 triliun, WIKA memiliki porsi sebesar 30 persen dengan lingkup pembangunan jaringan pipa berdiameter mencapai 2000 mm melalui metode konstruksi pipe jacking dan open cut.

Dengan panjang yang mencapai 27 kilometer, jaringan pipa tersebut akan mampu menjangkau tiga Kota Administrasi seperti Jakarta Pusat, Jakarta Barat, maupun Jakarta Selatan.

"Kedua proyek ini merupakan lanjutan dari Paket 1 yang dikerjakan WIKA dan berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Dimana lingkup pekerjaan WIKA pada paket tersebut adalah pembangunan stasiun pompa sebagai sistem pengolah limbah," tutup Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com