Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT Ke-78 RI, 110 Pohon Ditanam di Rusun Manokwari

Kompas.com - 17/08/2023, 13:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar aksi tanam 110 pohon di halaman Rumah Susun (Rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Kegiatan penanaman pohon dan buah-buahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat para santri untuk terus belajar, serta menghijaukan area rusun sehingga lingkungannya lebih asri dan nyaman.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan hal ini dalam rilis, Kamis (17/8/2023).

“Dalam membangun infrastruktur dan perumahan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terus berupaya menjaga agar lingkungannya tetap hijau dan asri. Salah satunya, melaksanakan penanaman pohon penghijauan,” terang Iwan.

Baca juga: HUT Kemerdekaan RI, Ganjil Genap Ditiadakan di Jakarta

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua II Ridwan Dibya Sudharta menerangkan, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2023 yang akan diperingati pada 25 Agustus 2023 mendatang.

"Sebanyak 110 pohon adalah jenis pohon ketapang kencana dan buah-buahan seperti mangga, jambu air, sirsak dan pete yang ditanam di halaman rusun dan sebagian lainnya di kawasan Ponpes Hidayatullah,” terangnya.

Sebagai informasi, Rusun Ponpes Hidayatullah dibangun oleh Balai P2P Papua II di Jalan Trikora Arfai II, Kelurahan Anday, Kabupaten Manokwari.

Rusun tersebut dibangun dengan spesifikasi tipe barak mini setinggi dua lantai yang diperuntukkan asrama putri.

Selain itu, terdapat dengan fasilitas 22 unit tempat tidur tingkat dan 20 kamar mandi.

Ketua Yayasan Hidayatullah Ustad Ahmad Taufik mengaku sangat senang mendapatkan bantuan Rusun dan tanaman penghijauan dari Kementerian PUPR.

Adanya fasilitas ruang asrama santri yang lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung membuat para santri lebih nyaman tinggal dan fokus belajar.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian PUPR yang telah membangun asrama bagi para santri Ponpes Hidayatullah. Kami berharap pembangunan rusun ini bisa dilanjutkan karena masih banyak santri yang butuh hunian selama belajar di sini,” harapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com