Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membangun rumah susun (rusun) atau apartemen untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2023 mendatang.

"Untuk rumah ASN, TNI/Polri sebanyak 47 tower segera akan dimulai pada bulan September ini pembangunannya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui usai Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Basuki yakin, proyek infrastruktur dasar di ibu kota baru tersebut bisa rampung sesuai rencana, atau setidaknya ada 12 tower rusun ASN yang ditarget selesai pembangunannya pada Juli 2024.

12 tower rusun ASN tersebut bukan hanya ditarget selesai secara fisik, namun juga sudah berperabot.

"Direncanakan Juli (2024) 12 tower akan selesai dan furnished, sehingga bisa segera ditempati secara bertahap oleh ASN yang ditugaskan di IKN," imbuh Basuki.

Sementara untuk rencana jangka pendek, sebanyak 2-3 tower apartemen ASN di IKN ditarget bisa dilihat progres pembangunannya pada Oktober 2023, atau sebulan setelah pembangunannya direncanakan dimulai.

Secara umum, progres pembangunan infrastruktur IKN telah mencapai 30 persen dengan berbagai proyek yang mulai dikerjakan pada waktu berbeda.

Sebagai informasi, pemerintah mengucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 untuk infrastruktur IKN sebesar Rp 40,6 triliun.

Baca juga: Pohon-pohon Besar Asal Bogor, Surabaya, Kediri Siap Hijaukan IKN

Anggaran tersebut diserahkan kepada Kementerian PUPR sekitar Rp 35 triliun dan sisanya untuk Kementerian Perhubungan.

"Total Rp 40 triliun, yang kami Rp 35,672 triliun yang lain ke Kementerian Perhubungan untuk Bandara VVIP," jelas Basuki.

Sementara APBN yang dikucurkan untuk infrastruktur IKN pada 2022 senilai Rp 5,246 triliun dan 2023 sebesar Rp 26,672 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com