Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 11:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komitmen Ciputra Group untuk berpartisipasi membangun Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur, mendekati realisasi.

Raksasa properti dengan kapitalisasi pasar Rp 20,39 triliun per Rabu (16/8/2023) ini diharapkan memulai pembangunan kawasan hunian terpadu bertajuk Citra City Nusantara, paling lambat Kuartal IV-2024.

Ciputra Group melalui PT Citra Group Kotabaru, merupakan satu di antara tujuh investor pelopor yang berminat membangun IKN.

Baca juga: Ciputra Group Siap Bangun Kawasan Terpadu di IKN

Ciputra menyatakan minatnya pada acara jajak pasar atau market sounding berdasarkan dorongan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022 lalu.

Selain Ciputra Group, ada tiga investor lainnya yang masuk melalui market sounding, yakni RS Hermina, Jakarta International School, dan Pakuwon Group.

Sementara tiga investor lainnya masuk ke IKN berdasarkan penugasan dan kerja sama komersial Business to Business (B2B) yakni PT PP (Persero) Tbk, Jambuluwuk Hotels and Resorts, dan Vasanta Innopark.

Dalam presentasinya pada sesi Peluang Kolaborasi di Ibu Kota Nusantara, di Indonesia Retail Summit 2023, Selasa (15/8/2023), Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menjelaskan, Citra City Nusantara seluas 300 hektar akan dikembangkan sebagai kawasan hunian terpadu yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Baca juga: Ciputra Bantah Ciputra World Surabaya Dilego ke Plaza Indonesia

"Citra City Nusantara menghadirkan botanical garden, golf academy & driving range, multiple mixed-use retail and residences, fasilitas mice, incentives, convention and exhibition (MICE), dan perumahan tapak atau landed houses," ujar Budiarsa.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Ciputra Group Tulus Santoso mengatakan, saat ini masterplan Citra City Nusantara masih dalam proses persetujuan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

"Semuanya sedang dipersiapkan," ungkap Tulus kepada Kompas.com.

Namun demikian Tulus tak menampik bahwa Citra City Nusantara dirancang seperti pengembangan hunian skala kota lainnya yang sudah dibangun oleh Ciputra Group.

Nah, konsep masterplan Citra City Nusantara merupakan duplikasi dari perumahan CitraRaya Tangerang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com