Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Berusia 78 Tahun, Berapa Panjang Jalan Tol di Indonesia?

Kompas.com - 17/08/2023, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dihadirkan untuk memperlancar lalu lintas dan mobilitas masyarakat antar daerah.

Pentingnya infrastruktur ini membuat banyak negara termasuk Indonesia rela mengeluarkan dana besar untuk membangunnya.

Memasuki usia yang 78 tahun ini, Indonesia diketahui sudah memiliki jalan tol dengan panjang mencapai 2.800 Km

“Capaian pembangunan jalan tol di tahun 2023 mencapai 2.800 Km," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dalam Konferensi Pers RABPN dan Nota Keuangan 2024, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Tiga Proyek Jalan Tol Masih Dilelang, Nih Daftarnya

Sejak merdeka pada 17 Agustus 1945, Indonesia butuh waktu panjang untuk memiliki jalan tol pertama yakni pada tahun 1978.

Tol pertama tersebut berlokasi di Pulau Jawa yakni Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi atau yang dikenal Jalan Tol Jagorawi sepanjang 59 Km.

Wacana pembangunan jalan bebas hambatan ini sudah dimulai sejak tahun 1955 oleh Wali Kota DKI Jakarta kala itu, Raden Sudiro.

Namun demikian, proses pembangunannya baru terealisasi 23 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1973.

Tol pertama di Indonesia ini dibangun oleh perusahaan konstruksi asal Korea Selatan, Hyundai Construction Co dan konsultan supervisi Ammann-Whitney & Trans Asia Engineering Associates Inc dari Amerika Serikat.

Setelah tol Jagorawi diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 9 Maret 1978, pembangunan jalan tol lain pun mulai digencarkan.

Tak hanya di pulau Jawa, pemerintah pun membuka konektivitas di pulau-pulau besar lainnya yang ada di Indonesia.

Seperti dikutip di laman Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol pertama yang beroperasi di Pulau Sumatera terdapat Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Baca juga: Kata Jokowi, Jabar Juaranya Investasi karena Banyak Jalan Tol, Apa Saja?

Tol sepanjang 34 Km tersebut beroperasi sejak tahun 1986 dan menjadi akses penghubung konektivitas kendaraan mulai dari Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa.

Selanjutnya di Pulau Sulawesi terdapat Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan 2, sepanjang 6,6 Km, telah beroperasi sejak tahun 1998.

Jalan tol pertama di kawasan Indonesia Timur ini menghubungkan kawasan Pelabuhan dan Kawasan Komersial Panakkukang yang berada di Kota Makassar.

Selanjutnya, jalan tol pertama di Pulau Bali adalah Jalan Tol Bali-Mandara sepanjang 12,7 Km dan sudah beroperasi sejak tahun 2013.

Jalan Tol Bali-Mandara merupakan Jalan Tol atas laut pertama di Indonesia serta salah satu Jalan Tol atas air terpanjang di dunia dan bisa dilintasi oleh sepeda motor loh.

Di Pulau Kalimantan sendiri, jalan tol pertama resmi ada pada tahun 2019 yakni Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 Km.

Per 16 Juni 2023, sudah ada 71 ruas jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Jumlah ini masih terus bertambah karena beberapa ruas tol masih ada dalam proses kontruksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com