Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Supertall Tertinggi di Jepang Rampung Dikerjakan

Kompas.com - 13/07/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber CNN

JAKARTA,KOMPAS.com - Konstruksi supertall tertinggi di Jepang, The A District Tower, akhirnya rampung dikerjakan pada awal Juli 2023. 

Seperti dikutip dari laman CNN, supertall baru ini memiliki ujung melengkung yang menyerupai kelopak bunga dengan ketinggian mencapai 330 meter. Gedung ini diketahui memiliki 64 lantai.

Tinggi gedung baru ini melampaui gedung pencakar langit Abeno Harukas di Osaka yang memiliki tinggi 300 meter. Secara otomatis, Abeno Harukas menjadi gedung tertinggi kedua di Jepang.

Baca juga: Resmi! Autograph Tower Jadi Supertall Pertama di Indonesia

The A District Tower diketahui berlokasi di Perbukitan Azabudai, Tokyo. Kawasan elit ini tengah dikembangkan oleh Mori Building Co., Ltd., dan Japan Post Co., Ltd.

Penyelesaian gedung baru ini menjadi tanda bahwa kompleks Perbukitan Azabudai akan segera dibuka untuk umum pada beberapa bulan mendatang.

Proyek gedung yang indah ini telah dibangun sejak 2019. Meskipun sudah selesai, pihak pemilik gedung masih melakukan beberapa penyesuaian sebelum melakukan peresmian.

Baca juga: 4 Supertall Rampung Tahun Ini, Apa Saja?

 

Supertall baru ini akan menjadi kawasan mixed used dan akan ditempati berbagai brand hotel ternama, ruang kantor, pusat medis universitas, toko ritel dan restoran, serta sekolah internasional terbesar di pusat kota Tokyo.

The A District Towe dirancang oleh firma arsitektur terkenal asal Amerika Serikat, Pelli Clarke & Partners. Interior supertall ini dirancang sesuai dengan gaya hidup masyrakat lokal. 

Interiornya dirancang sesuai dengan kebudayaan dan memiliki ruang kantor dengan luas area sewa kira-kira 204.000 meter persegi.

Gedung ini dibangun menggunakan sistem tahan gempa, termasuk generator darurat dan sistem elevator darurat untuk memastikan keamanan jika terjadi gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com