Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Akan Bangun Supertall Melingkar, Letaknya Kelilingi Burj Khalifa

Kompas.com - 29/08/2022, 15:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Dezeen

JAKARTA,KOMPAS.com - Bila biasanya gedung pencakar langit yang dibuat menjulang ke atas, namun berbeda dengan desain supertall yang diajukan studio arsitektur ZN Era.

Seperti dikutip dari Dezeen, studio arsitektur yang berbasis di Dubai ini telah mengusulkan pembangunan supertall berbentuk melingkar yang dinamakan Downtown Circle.

Uniknya lokasi Downtown Circle yang diusulkan akan berada di pusat kota Dubai dan mengelilingi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Baca juga: Mengenal Supertall, Bangunan Super Tinggi di Kota Metropolitan

Dalam desain yang diperlihatkan, Downtown Circle akan memiliki tinggi 550 meter dan keliling 3.000 meter. Gedung pencakar langit ini akan terdiri dari dua cincin utama yang saling berhubungan dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan.

ZN Era menyebut Downtown Circle sebuah kota metropolis yang berkelanjutan dan percaya kehadiran gedung ini akan memberikan solusi untuk perubahan urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang pesat di Dubai.

"Megastruktur yang diusulkan menawarkan alternatif untuk bangunan tinggi tunggal dan tidak terhubung yang ditemukan di sebagian besar wilayah metropolitan," kata ZN Era.

"Dengan keliling 3.000 meter, supertall ini akan berfungsi sebagai kawasan metropolis berkelanjutan yang fleksibel dan berwawasan ke depan,” tambahnya.

Downtown Circle nantinya akan dipecah menjadi unit-unit yang lebih kecil yang mencakup kantor, rumah, apartemen, dan pusat penelitian.

Baca juga: Arab Saudi Akan Bangun Supertall Kembar di Tengah Gurun, Tingginya Capai 487 Meter

Sebagai jawaban atas pembangunan di tengah kota yang padat penduduk, ZN Era tetap mempertahankan kelayakan huni dengan mengintegrasikan alam ke dalam bangunan.

Karena itu, bangunan akan dilengkapi oleh ruang hijau yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber udara segar bagi para penghuninya.

"Untuk menghadirkan lingkungan alam, sejumlah fasilitas yang akan dihadirkan berupa pemanenan air hujan dan tenaga surya. Desain bangunannya juga dapat menyerap karbon dan menyaring polutan dari udara,” tambah ZN Era.

Downtown Circle juga akan memiliki sistem transportasi yang terintegrasi di luar bangunan untuk menghubungkan penumpang ke berbagai lokasi di sepanjang supertall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com