Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal RMXD, Konsep Resor Campuran Terintegrasi dan Berkelanjutan

Kompas.com - 03/07/2023, 22:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan bisnis dan industri perhotelan terus menunjukkan tren positif pasca-pandemi Covid-19.

Seiring dengan itu, transformasi pun terus dilakukan guna mengakomodasi kebutuhan pasar yang berkembang dinamis dan mengalami pergeseran dengan penakanan pada keberlanjutan.

Salah satu yang peka terhadap proses transformatif ini adalah Hotel Investasi Strategis yang memperkenalkan Resort Mixed-Use Developments (RMXD).

CEO Hotel Investasi Strategis Ross Woods menuturkan, RMXD adalah sebuah konsep yang menawarkan potensi dari properti yang dimiliki untuk menciptakan komunitas resor yang hidup, terintegrasi, dan berkelanjutan di Indonesia.

Baca juga: Parkroyal Collection Promosikan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

"Sebagai mitra berharga dalam industri real estat dan pariwisata, kami percaya bahwa RMXD menghadirkan peluang yang signifikan bagi pengembang, investor, dan komunitas," ujar Woods kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Lantas apa itu RMXD?

RMXD merupakan proyek real estat komprehensif yang mengintegrasikan tiga atau lebih penggunaan lahan dan fasilitas yang menghasilkan pendapatan dalam satu pengembangan induk terencana.

Proyek ini menggabungkan unsur atau fungsi perhotelan, perumahan, ritel, hiburan, rekreasi, dan layanan tambahan untuk menciptakan lingkungan yang mandiri.

Patung Merlion yang sudah berdiri sejak tahun 1995 di Sentosa Island ini akan dibongkar karena ingin dibangun jalan yang menghubunngkan jalan pantai utara dan pantai selatan pulau tersebut.Travel Singapore Patung Merlion yang sudah berdiri sejak tahun 1995 di Sentosa Island ini akan dibongkar karena ingin dibangun jalan yang menghubunngkan jalan pantai utara dan pantai selatan pulau tersebut.
Semuanya dirancang terintegrasi untuk memberikan pengalaman yang beragam dan imersif bagi penghuni dan pengunjung.

Karakteristik utama RMXD, meliputi integrasi fisik dan fungsional komponen proyek, hubungan sinergis antar-penggunaan lahan, desain ramah pejalan kaki, pembangunan sesuai dengan rencana dan skema yang koheren dalam praktik keberlanjutan, serta kemampuan untuk bertindak sebagai tujuan mandiri.

Adapun manfaat dan peluang yang ditawarkan RMXD bagi pengembang, investor, dan komunitas yakni menghasilkan aliran pendapatan yang beragam, merevitalisasi daerah yang rusak, menarik wisatawan dan pengunjung, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi keseluruhan suatu wilayah.

Baca juga: Vasanta Group Berencana Bangun Hotel Bintang Empat di IKN

Dengan menggabungkan prinsip desain berkelanjutan dan teknologi hemat energi, RMXD juga mempromosikan kesadaran lingkungan dan meminimalkan dampak ekologisnya.

The Nusa Dua merupakan contoh pengembangan penggunaan konsep RMXD pertama di Indonesia. Sementara Sentosa Island di Singapura merupakan contoh sukses RMXD yang menyulap seluruh pulau menjadi destinasi wisata.

Faktor yang memicu keberhasilan RMXD yakni perencanaan induk yang komprehensif, analisis permintaan pasar, sinergi dan integrasi penggunaan lahan yang berbeda, desain dan arsitektur yang berkualitas, fasilitas dan pengalaman yang beragam.

Kemudian praktik pembangunan berkelanjutan, serta manajemen dan operasi yang efektif merupakan faktor kunci yang berkontribusi pada alam yang hidup, berkelanjutan, dan layak secara ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com