Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Progres Terbaru Proyek MRT Jakarta Thamrin-Stasiun Kota

Kompas.com - 01/07/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) berjalan sesuai jadwal.

Per 25 Juni 2023, perkembangan pembangunan telah mencapai 58,63 persen. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk tahap pekerjaan pengecoran platform slab, capping beam untuk launching shaft box jacking pembangunan entrance stasiun dari Jalan Museum, dan waterproofing roof slab ventilation tower 2.

Kemudian, pengecoran emergency access dan backfill gardu induk, pemasangan strut and waller serta galian ventilation tower 1, dan pemasangan saluran ventilasi dan jalur kabel stasiun dan gardu induk.

Tak lupa juga ada peralatan utama mekanikal dan elektrikal seperti pendingin (chiller) dan kipas angin ventilasi terowongan (tunnel ventilation fan) untuk stasiun.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi penggalian dan pengecoran roof slab, penggalian dan pengecoran concourse slab, dan pemasangan roof slab waterproofing sisi selatan dan utara stasiun.

Selanjutnya, pengecoran kolom sisi utara stasiun, pemasangan guide wall untuk extension stabling sisi utara stasiun, dan pengiriman kipas angin ventilasi terowongan (tunnel ventilation fan).

Melansir laman MRT Jakarta, per 25 Juni 2023 pula, sedang dilakukan perakitan kembali mesin bor terowongan 1 (TBM-1) di sisi utara stasiun Monas sebagai bagian dari persiapan pengeboran terowongan southbound menuju Stasiun Harmoni.

Baca juga: Selama Momen Ulang Tahun Ibu Kota, Naik MRT Jakarta Cuma Bayar Rp 1

Sedangkan mesin bor terowongan 2 (TBM-2) sedang melakukan pekerjaan pembangunan terowongan northbound dari sisi utara Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang sekitar 949,5 meter (633 ring).

Sedangkan untuk CP 202 (Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar) setelah resmi dimulai pada 25 Juni 2022, per 25 Juni 2023 telah mencapai 16,12 persen.

Cakupan pekerjaan meliputi proteksi dan relokasi utilitas, pembongkaran jembatan penyeberangan orang saat ini, konstruksi canal decking sisi Jalan Hayam Wuruk, test pit dan pembongkaran pile di area Stasiun Harmoni sisi Jalan Hayam Wuruk, dan persiapan manajemen rekayasa lalu lintas tahap 3 (site clearance dan pelebaran jalan).

Pasca-penandatanganan paket kontrak CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota) pada 20 April 2021, pekerjaannya pun sudah mulai dilakukan dan berjalan sesuai jadwal.

Per 25 Juni 2023, perkembangannya sudah mencapai 36,40 persen dengan pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi pekerjaan galian level platform/bottom slab, konstruksi concourse slab telah selesai, dan pekerjaan grounding mat di area platform.

Sedangkan di Stasiun Kota, sedang dilakukan persiapan pekerjaan penggalian tanah untuk station box setelah penyelesaian pembangunan D-Wall.

Di luar pekerjaan struktural stasiun, saat ini sedang dilakukan persiapan pengiriman TBM 1 untuk CP203.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com