Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mei, Penumpang MRT Jakarta Tembus 2,68 Juta

Kompas.com - 10/06/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Mei 2023, tercatat 2.686.281 orang menggunakan layanan MRT Jakarta.

Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata per hari sekitar 86.654 orang menggunakan MRT Jakarta dengan total jumlah perjalanan kereta sebanyak 8.161 perjalanan.

Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 100 persen.

Jumlah angka keterangkutan tersebut menunjukkan adanya kenaikan jumlah total penumpang dari bulan sebelumnya, yaitu 2.079.745 orang.

"Kenaikan pesat angka keterangkutan ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta," demikian keterangan PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui laman resminya jakartamrt.co.id yang dikutip Kompas.com, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: Ini Alasan MRT Jakarta Bangun Park and Ride di Stasiun Sisi Selatan

Untuk menaikkan angka keterangkutan, MRT Jakart bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, Gojek, Grab, Transjakarta, Bluebird, dan Swoop.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Pada Mei 2023 pula, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 WIB, menjadi pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Dengan beroperasi lebih awal pada akhir pekan, masyarakat dapat menggunakan ratangga menuju tempat wisata atau aktivitas olahraga di kawasan Stasiun Istora Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com