Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMS GBK Jadi Percontohan Venue Olahraga oleh FIBA

Kompas.com - 30/06/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan fisik Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta telah rampung 100 persen.

Direktur Prasarana Strategis, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah mengatakan, IMS berhasil menjadi percontohan pembangunan venue olahraga bagi penyelenggaraan pertandingan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Pasalnya, pembangunan IMS telah memenuhi standar teknis Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan mencapai predikat Madya dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

Di samping itu, IMS juga telah memanfaatkan Building Information Modelling (BIM) 7D Asset Management.

"IMS telah memenuhi standar kualifikasi BGH dalam penghematan energi dan air. Implementasi BIM juga dilakukan hingga tahap 7D sehingga nantinya proses pengelolaan, pemeliharaan, dan perawatan aset sudah otomatis," ucap Essy, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (30/6/2023).

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 31.826 meter persegi milik Kementerian Sekretariat Negata di bawah pengelolaan PPKGBK.

Bangunannya seluas 50.398 meter persegi dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.000 orang.

Baca juga: Nih Tarif 10 Hotel di Dekat Stadion Utama GBK, Lokasi Konser Coldplay

Pembangunan IMS dilaksanakan oleh PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (KSO) dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021-2023 senilai Rp 640,4 miliar.

IMS telah diserah terima kelola ke PPKGBK pada Juni 2023 dan tinggal menunggu peresmian oleh Presiden Jokowi.

Pembangunan IMS GBK dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang akan digelar pada 25 Agustus 2023-10 September 2023. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.

Meski awalnya dibangun untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, IMS juga dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga selain basket, seperti voli, bulutangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain.

IMS juga dapat difungsikan untuk sarana non-olahraga seperti konser, meeting, convention, maupun exhibition.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com